Seputar PanturaTegal

Puluhan Calon Haji di Kabupaten Tegal Divaksinasi Covid-19

PUSKAPIK.COM, Slawi – Puluhan calon haji (calhaj) dan warga lanjut usia (lansia) mendapat suntikan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Puskesmas Slawi, Kabupaten Tegal, Senin siang, 8 Maret 2021. Jumlah calhaj yang divaksin sebanyak 60 orang dan lansia 40 orang berasal dari Kelurahan Kudaile dan Trayeman, Kecamatan Slawi.

“Undangan vaksinasi dari puskesmas sesuai kecamatan masing-masing,” kata Ahmad Syukur (46), salah satu calhaj.

Para calhaj yang divaksinasi sedianya diberangkatkan pada 2020 tapi batal karena adanya pandemi Covid-19. Meski sudah mendapatkan vaksin, namun belum ada kepastian apakah mereka akan diberangkatkan pada musim haji 2021.

“Harusnya tahun kemarin 2020, karena ada penundaan oleh Kementerian Agama. Mudah-mudahan tahun ini bisa diberangkatkan,” ujar Ahmad Syukur.

Dari sekitar 100 calhaj dan lansia yang divaksin, ada sekitar 17 orang yang harus ditunda karena risiko tinggi. Saat disekrining tensi darah dan gula darahnya tinggi.

“Yang ditunda 17. Karena faktor risiko tinggi. Tensi tinggi, bisa karena gula darah, bisa karena jantung,” kata Subhanudin, dokter vaksinator Puskesmas Slawi.

Menurut Subhanudin, mereka yang mengalami tensi tinggi sudah dicoba diberikan obat penurun tensi. Namun setelah diobservasi selama 30 menit tak kunjung turun.

“Kami sudah mengulang beberapa kali dan observasi selama 30 menit. Tapi ajeg,” kata Subhanudin.

Vaksin untuk kelompok calhaj dan lansia juga dilaksanakan di sejumlah puskemas di Kabupaten Tegal.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

Faisal

Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *