BrebesKesehatanSeputar JatengSeputar Pantura

2 Orang Kontak Erat Penyintas Corona B117 di Brebes Positif

PUSKAPIK.COM, Brebes – Dua dari tujuh orang yang masuk kontak erat Ny A (47) TKI asal Desa Kubangjati, Kecamatan Ketanggungan, Brebes, dinyatakan positif Corona. Sebelumnya Ny A, terpapar Corona B117.

Dua orang yang dinyatakan positif Corona setelah kontak erat dengan Ny A itu, merupakan hasil pemeriksaan PCR.

Hasil pemeriksaan ini dikeluarkan oleh Pulabkes Kemenkes RI pada Sabtu kemarin jam 20.00. Pemeriksaan PCR dua dari tujuh kontak erat penyintas corona B117 yakni K (perempuan) dan M (laki laki) dinyatakan positif.

“Hasil laboratorium keluar Sabtu kemarin pukul 22.00. Dua orang kontak erat langsung penyintas corona B117 asal Kubangjati setelah dilakukan pemeriksaan PCR swab hasilnya positif,” ungkap Imam Budi Santoso, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Brebes, Senin 8 Maret 2021 siang.

Dihubungi via telepon, lebih lanjut Imam mengatakan, sejak kepulangan Ny A, Dinkes telah memeriksa 8 orang, terdiri dari 7 orang kontak erat langsung dan A, penyintas B117 pada Kamis kemarin. Mereka diambil swab untuk diperiksa rapid antigen. Selain itu, 8 orang ini juga diambil serumnya.

Hasil pemeriksaan rapid, sambung Imam, semuanya negatif. Namun setelah dilakukan pemeriksaan PCR di Puslabkes Jakarta, dua dari tujuh kontak erat ini hasilnya positif corona.

“Kamis kemarin saat tracing dilakukan rapid antigen terhadap 8 orang, hasilnya negatif. Tapi hasil PCR ternyata dua orang positif,” jelasnya.

Kemudian pada keesokan harinya, dilakukan lagi pemeriksaan terhadap kontak erat lini dua. Tracing terhadap kontak erat lini dua ini dilakukan terhadap orang orang sekitar rumah A. Pemeriksaan ini untuk mengantisipasi penularan di lingkungan rumah A karena beberapa hari lalu sempat menggelar hajatan.

Ada tujuh orang kontak erat lini dua yang diperiksa. Setelah diperiksa dengan rapid test semuanya negatif.

“Jumat pagi kami tracing kembali sampai ke lini dua. Semuanya ada 7 orang dan hasilnya semua negatif rapid test,” bebernya.

Meski dinyatakan positif, imbuh Imam, belum bisa diketahui jenis virusnya. Untuk memastikan jenis virus pada dua orang ini, Dinkes Brebes, kembali mengambil sampel serum mereka pada Mnggu kemarin. Sampel ini kemudian dikirim ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lenih lanjut.

“Kemarin sudah diambil sampel serumnya dan sudah dikirim ke Jakarta,” pungkasnya.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

Amin Nurrokhman

Pimpinan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *