Bantu Atasi Genangan Sisa Banjir, DPUPR Kota Pekalongan Pinjamkan Pompa ke Warga

0
DPUPR Kota Pekalongan memfasilitasi peminjaman pompa-pompa untuk menyedot genangan-genangan banjir bagi masyakatan. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Banjir yang melanda Kota Pekalongan berangsur surut, tapi masih terdapat genangan di beberapa wilayah, baik di jalanan maupun pemukiman.

Untuk membantu masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan memfasilitasi peminjaman pompa-pompa untuk menyedot genangan-genangan banjir.

Kepala DPUPR Kota Pekalongan melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA), Khaerudin menjelaskan, pihaknya mendapatkan bantuan pompa alkon 4 inch dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Provinsi Jawa Tengah untuk dipinjamkan kepada warga yang membutuhkan.

“Kami menerima bantuan pinjaman pompa alkon 4 inch dari BBWS Provinsi sebanyak 15 unit beserta selangnya dengan masing-masing kapasitas 15-20 liter per detik. Jika ada warga Kota Pekalongan yang di sekitar lingkungan rumahnya masih tergenang dan membutuhkan pompa bisa meminjam dan berkoordinasi ke DPUPR Kota Pekalongan,” kata Khaerudin.

Menurutnya, pompa-pompa tersebut bisa dipinjam oleh warga kurang lebih 2 minggu. Namun, pihaknya menegaskan jika wilayahnya masih tergenang banjir kembali, peminjaman pompa tersebut bisa diperpanjang.

“Untuk sistemnya, warga menuliskan surat permohonan peminjaman resmi yang ditujukkan ke DPUPR Kota Pekalongan dengan diketahui RT/RW dan kelurahan, nanti kami akan membuatkan berita acara dan pompa bisa langsung diserahkan. Sementara, untuk pemasangan bisa dibantu fasilitasi dari petugas DPUPR. Mudah-mudahan fasilitasi bantuan peminjaman pompa-pompa dari BBWS Provinsi ini bisa membantu dan memudahkan warga dalam mengurangi genangan-genangan banjir yang ada di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini