Di Brebes, Kasus Corona Turun Selama PPKM

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Angka kasus baru COVID-19 di Brebes mulai turun sejak dua pekan lalu. Ini sejak kabupaten bawang itu menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Penurunan jumlah kasus corona ini dari hasil evaluasi terkait PPKM. Sejak dua pekan kemarin, angka kasus corona ini terus menurun.

Sekda Brebes, Djoko Gunawan menjelaskan, mengacu laporan perkembangan PPKM tahap 1 dan 2. Kabupaten Brebes mencatatkan penurunan kasus baru COVID-19. Pada tanggal 10 hingga 21 Januari lalu sempat naik dari 240 kasus menjadi 290 dan 323 kasus. Namun sejak akhir Januari turun menjadi 257 kasus.

Penurunan angka kasus COVID-19 ini, tambah Sekda, dibuktikan dengan jumlah pasien terkonfirmasi positif corona yang masih dirawat di RSUD Brebes. Saat ini, kata Sekda hanya menyisakan 15 pasien dari sebelumnya 25 orang yang dirawat intensif.

“Efektifitas PPKM cukup terbukti dalam menekan penyebaran COVID di Brebes. Kasus corona di Brebes sekarang mulai turun,” ungkap Sekda Brebes Djoko Gunawan di kantornya, Kamis 4 Februari 2021 siang.

Sekda juga mengungkap, hasil evaluasi dengan propinsi, hampir semua daerah di wilayah eks Karesidenan Pekalongan mengalami hal yang sama. Kasus baru melandai dan terpantau turun hingga 31 Januari.

“Untuk lebih mengoptimalkan pencegahan penyebaran virus corona, pengawasan selama PPKM akan diperketat. Termasuk, menerapkan Jateng di Rumah Saja saat akhir pekan nanti,” katanya.

Turunnya angka COVID-19 ini, lanjut Djoko Gunawan harus dipertahankan hingga benar benar tuntas. Selain memperketat pemberlakuan prokes dan PPKM juga perlu pengawasan terhadap kegiatan yang rawan kerumunan seperti pasar tradisional hingga obyek wisata.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini