Sungai di Watukumpul Masih Tertimbun Longsor

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Akses jalan Cikadu-Bongas di Kecamatan Watukumpul, Pemalang yang beberapa waktu lalu sempat lumpuh akibat longsor, sudah kembali normal. Meskipun begitu, DPUTR Pemalang masih mempunyai pekerjaan normalisasi aliran sungai yang ada di dekat lokasi yang ikut tertimbun longsor.

“Masuk hari ke-2 penanganan longsor, lalu lintas kendaraan roda 4 sudah kembali normal. Tinggal penanganan aliran sungai buangan yang saat ini tertutup total oleh material longsor,” ujar Kasi Perencanaan DPUTR Pemalang, Yudhi Kuswoyo, Rabu 3 Februari 2021.

“Dalam proses penanganan longsor ini DPUTR Pemalang melibatkan berbagai unsur, baik TNI, Polri, BPBD, Ormas dan Masyarakat setempat,” tambahnya

Yudhi mengungkapkan, pekerjaan paling berat selanjutnya adalah normalisasi sungai yang berada di dekat lokasi longsor tersebut.

“Kita harus menggeser posisi aliran sungai karena aliran sungai lama tidak bisa dinormalisasi, rawan longsor susulan,” ujarnya.

Menurut Yudhi, lokasi tersebut memang menjadi lokasi rawan longsor terlebih saat intensitas curah hujan tinggi seperti saat ini.

“Kita sudah antisipasi sebelumnya, rambu-rambu peringatan longsor sudah kami pasang di bulan Desember 2021, kami pasang 150 meter sebelum titik longsor tersebut,” katanya.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini