Pipa Tua Diganti, Dirut Perumda Tirta Mulia Pemalang Jamin Debit Air Bertambah

Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang tahun ini mengganti jaringan pipa yang telah uzur. FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Guna meningkatkan pelayanan di wilayah perkotaan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mulia Pemalang tahun ini mengganti jaringan pipa yang telah uzur. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp6.557.799.000.

Direktur Utama Perumda Tirta Mulia, Slamet Efendi (SE) melalui Biro Humasnya menegaskan, penggantian jaringan pipa di dua titik yaitu sepanjang Jalan Gatot Subroto sepanjang 1.707 meter menggunakan pipa High Density Polyethylene (HDPE) 10 inch dan di Jalan Ahmad Yani sampai pada alun-alun sepanjang 1.617 meter menggunakan pipa HDPE 14 inch.

“Di jalan Gatot Subroto sepanjang 650 meter yaitu dari depan Pom Bensin Bojongbata sampai sebelah utara Perempatan Sirandu menggunakan pipa 14 inch, sedangkan depan Bank Mega sampai pojok Kantor Pos untuk pipa 10 inch, dan depan swalayan sampai sebelah barat gudang gas LPG konek di pertigaan hingga RE Martadinata menggunakan pipa 10 inch,” katanya.

Menurutnya, ada pekerjaan yg menggunakan Horizontal Directional Driling (HDD) atau mesin bor bawah tanah, di mana alat tersebut untuk menghadapi lokasi pekerjaan yang memiliki karakter keras atau sudah betonisasi.

Adapun batas waktu pekerjaan, menurut Slamet Efendi, dilakukan maksimal 4 bulan. Namun melihat progres yang sudah dilakukan terlebih menggunakan alat yang canggih yaitu HDD optimis bisa terselesaikan selama dua bulan.

Dijelaskan, anggaran sebesar Rp6.557.799.000 tersebut dilakukan secara transparan melalui pemenang tender yang dimenangkan oleh PT Pitulas Moya Mandiri.

“Kami mohon maaf kepada warga dan pengguna jalan yang melintas dengan pekerjaan ini, dan berharap proyek penggantian pipa yang umurnya sudah 30 tahun itu akan meningkatkan debit air kepada pelanggan Perumda Tirta Mulia,” katanya.

Penulis: Dedi Muhsoni
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini