Meski Sudah Siap Lahan, Pembangunan Rusunawa Comal 2021 Belum Jelas

Kepala Dinas Perkim Pemalang, Ir Mugiyatno
Iklan

PUSKAPIK.COM,Pemalang- Rencana pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) tahap dua di Kecamatan Comal, Pemalang, tahun anggaran 2021 belum ada titik terang kapan pelaksanaannya.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Pemalang Mugiyatno, Rabu 6 Januari 2021 usai rapat bersama Komisi B DPRD Pemalang, mengaku belum bisa memastikan kapan pelaksanaan program dari Kementerian PU-PR mdngenai Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Rusunawa yang rencananya akan dibangun dilahan Kelurahan Purwosari Kecamatan Comal.

Meski begitu, usulan telah dilakukanya pada tahun-tahun sebelumnya, namun karena terbentur dengan anggaran yang disedot penanganan pandemi Covid-19, pada tahun 2021 telah diupayakan percepatan progres Rusunawa di Comal tersebut.

Rusunawa yang rencananya akan dibangun di lahan seluas lebih dari seribu meter persegi itu akan direalisasikan 3 susun dan diharapakan bisa menampung warga Kecamatan Comal dengan kriteria keluarga tidak mampu dan belum memiliki rumah.

“Kami juga belum mengetahui, apakah bisa turun anggaran tahun 2021 dari Kemepu-PR untuk direalisasikan tahun ini, tetapi untuk persiapan awal, lahan sudah siap sekitar seribuan meter persegi tidak jauh dari gedung olahraga,” ujarnya.

Dipilihnya Rusunawa di Comal, menurut Mugi, karena wilayah tersebut padat penduduk dan banyak berpenghasilan rendah yang belum mampu memiliki rumah bersubsidi. Sehingga Rusunawa merupakan alternatif pertama untuk menampung warga dengan kriteria tersebut.

“Diharapkan, warga yang belum memiliki rumah bersubsidi, untuk sementara menempati Rusunawa, paling tidak lima tahun untuk bisa menabung sampai bisa mendapatkan rumah bersubsidi,” katanya.

Terkahir, kata Mugi, mekanisme sewa pada Rusunawa akan dikelola oleh pengurus Rusun sama halnya yang sudah berjalan pada Rusunawa tahap pertama di wilayah Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pemalang.

Perlu diketahui, Rusunawa di Kelurahan Pelutan, terdiri dari 3 tower dengan 4 Susun yang dibangun secara bertahap dari Kemepu-PR.

Penulis: Dedi Muhsoni
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini