26 Hari Lagi Pilkades Serentak Pemalang, Ini Tahapannya

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 28 desa se-Kabupaten Pemalang telah memasuki tahap penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Tahapan tersebut dimulai dari Pemeriksaan laporan Akhir Masa Jabatan (AMJ) Kades pada bulan Juli 2020 dan akan berakhir saat pelantikan 28 Januari 2021 nanti, dan terkait penerapan protokol kesehatan kita sesuaikan dengan Permendagri 72 tahun 2020,” ungkap Kabid Pemerintah Desa, Dispermasdes Pemalang, Bagus Sutopo kepada puskapik.com, Rabu 2 Desember 2020.

Adapun setelah tahap penyusunan DPS selesai 7 Desember nanti, dilanjutkan dengan pengumuman DPS akhir 10 Desember ini. Kemudian masuk tahap penetapan DPT sekaligus pengumuman tes kesehatan calon pada tanggal 14 Desember mendatang.

“Kemudian pengundian nomor urut dan penyampaian visi misi calon tanggal 18 Desember. Dilanjutkan masa kampanye 3 hari 21-23 Desember, masa tenang 24-26 Desember dan puncaknya pencoblosan atau pemungutan suara di tanggal 28 Desember 2020,” katanya.

Wakil Sekertaris Panitia Pilkades Desa Wonokromo, Kecamatan Comal, Pemalang, Hartono, saat ditemui puskapik.com mengatakan, seperti halnya desa lainnya yang akan menggelar Pilkades 28 Desember mendatang. Pihaknya telah melaksanakan tahapan Pilkades sesuai dengan arahan dari Dispermasdes Pemalang.

Koordinasi dan sosialisasi telah dilakukan tentunya penekanan pada penerapan protokol kesehatan dan potensi keamanannya saat Pilkades dilaksanakan di desanya itu.

“Dalam tahapan ini Wonokromo menetapkan DPS sebanyak 3804. Sosialisasi dan dan koordinasi dinas terkait beberapa kali dilakukan di Balai desa Wonokromo. Beberapa pertemuan itu menghadirkan calon dan Forkopimcam untuk menyamakan persepsi tentang kemanan dan protokol kesehatan, ” ujarnya.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini