Tes Seleksi Perangkat Desa Kendaldoyong Libatkan PGRI

0
FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Pemerintah Desa Kendaldoyong, Kecamatan Petarukan, Pemalang, menggelar test tertulis kepada 8 calon perangkat desa, hari ini, Senin, 16 November 2020.

Kepala Desa Kendaldoyong, Badrun, berharap proses seleksi kali ini bisa mengisi kekosongan posisi Kadus 1. Peran Kadus tersebut sangat penting untuk memaksimalkan kinerja Pemdes setempat.

“Kami melalui proses seleksi ini menginginkan nanti, siapapun yang terpilih adalah sosok yang cerdas, berintegritas, dan mampu bekerja maksimal untuk membantu pekerjaan-pekerjaan di Pemerintahan Desa Kendaldoyong, ” ujarnya.

Ketua panitia penjaringan perangkat desa, Muhtar Subekhi, menjamin proses seleksi perangkat desa Kendaldoyong kali ini dilakukan dengan transparan dan berjenjang. Delapan orang yang mengikuti tes tertulis hari ini 4 di antaranya dari luar Desa Kendaldoyong.

“Dalam pelaksanaan test tertulis ini, naskah dibuat beberapa jam sebelum test dimulai. Jadi mengurangi tingkat kebocoran soal. Pembuat naskah soal juga kami mintakan dari unsur akademisi dari PGRI Pemalang, ” ungkapnya.

Muhtar mengatakan, didatangkan 6 orang ahli, namun hanya dipilih 3 sebagai perwakilan untuk membuat naskah soal. Sisanya akan membantu untuk penilaian hasil tes.

“Materi tes tertulis meliputi Bahasa Indonesia, Undang-undang dasar 45, dan pengetahuan umum. Para peserta ujian tes diberi alokasi waktu 120 menit, ” ungkapnya.

Muhtar mengatakan, sebelumnya beberapa tahapan telah dilalui oleh para peserta. Antara lain, tes kesehatan, tes pidato, dan tes komputer. Penilaian semua tahapan itu juga tidak diakumulasi, jika dalam salah satu tes tersebut tidak lulus, maka dinyatakan gagal saat itu juga.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini