Begini Cara SMP N 1 Wangon, Banyumas Peringati Hari Pahlawan

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Banyumas– Selain menggelar upacara dengan protokol kesehatan yang ketat, Selasa 10 November 2020, SMP Negeri 1 Wangon, Banyumas, menggelar fragmem wayang kulit lakon Bima Suci, untuk memperingati Hari Pahlawan.

Fragmen wayang kulit itu dipentaskan secara kolaboratif oleh Puryanto, guru sekolah itu dan alumni angkatan 2017, Bramantyo.

“Tujuan pagelaran fragmen wayang kulit, untuk ikut melestarikan budaya wayang yang di dalamnya terkandung nilai kepahlawanan/kesatria. Pelestarian budaya ini untuk mendukung pendidikan karakter. Wayang kulit ini juga ditayangkan di kanal YouTube SMP N 1 Wangon,” kata Trisnatun, Kepala SMP N 1 Wangon.

Pagelaran sederhana selama 1,5 jam ini berlangsung meriah dan disaksikan warga sekolah serta pengurus komite sekolah.

Acara dilanjutkan dengan tasyakuran selesenya bangunan dua ruang kelas dari sumber bantuan DAK (dana alokasi khusus) dari Kemendikbud.

“Kepedulian terhadap budaya,khususnya wayang sudah barang yang langka. Bramantyo, dalang muda berbakat ini perlu di dukung untuk menginspirasi adik adik kelasnya”
Haji Agus Wibowo, Sekretaris Komite SMP N 1 Wangon.

Di sela pergelaran wayang kulit itu, dibacakan puisi heroik ‘Gugur’ karya WS Rendra, yang dibacakan kolaboratif 2 siswi SMP N 1 Wangon, Rosi dan Giza.

Penulis : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini