Pembinaan Wasbang, Kodim 0711/Pemalang Ajak Masyarakat Cinta Tanah Air

0
Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan tengah memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan (wasbang) Kodim 0711/Pemalang di Aula Makodim, Selasa, 13 Oktober 2020. FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Komando Distrik Militer (Kodim) 0711/Pemalang menggelar kegiatan pembinaan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) terhadap seluruh komponen masyarakat guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran cinta Tanah Air. Kegiatan ini dibuka langsung Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan di Aula Makodim, Selasa, 13 Oktober 2020.

Dalam sambutannya, Letkol Inf Irvan Christian Tarigan menyampaikan, wawasan kebangsaan merupakan konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Negara sebagai satu kesatuan wilayah, meliputi tanah (darat), air (laut) termasuk dasar laut dan tanah di bawahnya dan udara di atasnya.

Semua itu tidak terpisahkan dalam mempersatukan Bangsa dan Negara, mencakup segenap bidang kehidupan yang meliputi IPOLEKSOSBUDHANKAM (Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan, dan keamanan).

“Pembinaan wawasan kebangsaan ini sejatinya bertujuan untuk membina dan membentuk komponen masyarakat Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa ksatria, serta memiliki rasa cinta Tanah Air yang berlandaskan Ke-Bhineka Tunggal Ika-an. Dengan semangat bela Negara guna mewujudkan NKRI Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur,” kata Dandim 0711/Pemalang.

Dandim menambahkan, terwujudnya komponen masyarakat Indonesia yang memiliki kepribadian Pancasila, bisa terwujud dengan menumbuhkan kebanggaan masyarakat sebagai warga negara Indonesia. Harapannya, kegiatan wawasan kebangsaan juga membentuk masyarakat yang mandiri, peduli, bertanggung jawab, serta berpegang teguh pada nilai-nilai, dan norma yang di masyarakat.

Kegiatan wawasan kebangsaan ini diikuti para KB TNI, PNS, Tomas, Toda, Toga, aktivis/LSM, pedagang, petani, buruh, pelajar, pramuka, dan masyarakat. Juga dihadiri seluruh Perwira Staf serta Danramil jajaran Kodim 0711/Pemalang, yang dalam kegiatan ini menjadi pemateri.

Para peserta diberikan beberapa materi, antara lain 4 pilar konsensus dasar bangsa Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI oleh Danramil 01/Pemalang. Kemudian, materi bahaya narkoba dan pergaulan sex bebas oleh Danramil 02/Taman, Kapten Inf Suprapto.

Selanjutnya, pemberian materi Bela Negara untuk keutuhan NKRI dilakukan Danramil 09/Bantarbolang, Kapten Arm Eko Budiharjo. Materi etika pergaulan di isi oleh Danramil 06/Bodeh Kapten Inf Teguh Wibowo.

Terakhir, materi proxy war diisi oleh Danramil 12/Watukumpul Kapten Cpm Suwaryo. Para peserta juga mengikuti praktek out bond berupa estafet air, permadani terbang, estafet tongkat, bulldozer, bola tali, dan holahob. Out bound itu dibina Danramil 11/Belik, Kapten Arh Nasri.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini