KPU Pemalang Simulasi Pendaftaran Paslon Pilkada

FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang melakukan simulasi penerimaan pendaftaran pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada serentak 2020 di Kantor KPU Pemalang, Senin 1 September 2020.

Simulasi ini dimulai dari screening protokol kesehatan oleh petugas dan pengamanan dari pihak kepolisian, hingga saat proses penerimaan pendaftaran di dalam kantor KPU Pemalang. Semua proses dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dari pantauan puskapik.com, proses simulasi pendaftaran hanya melibatkan bakal Paslon dan ketua, sekertaris partai politik pengusung.

Komisioner divisi teknis, Harun Gunawan mengatakan, selain mengedepankan protokol kesehatan, KPU juga menyiarkan tahapan pendaftaran melalui live streaming diberbagai platform media antara lain, Facebook, Instagram, Zoom meeting, dan YouTube.

“Dengan adanya simulasi harapannya petugas lebih memahami dan mengerti betul tugas dan fungsinya dalam pelaksanaan tahapan pendaftaran calon 4-6 September nanti, ” ujarnya.

Pemaham seperti ini dianggap penting karena pelaksanaan tahapan Pilkada dimasa pandemi berbeda dengan sebelumnya.

“Jadi kita punya gambaran riil dalam simulasi ini, ” ungkapnya.

Untuk pengamanannya, Harun mengaku sudah berkoordinasi kepada pihak-pihak terkait. Rencananya akan melibatkan sejumlah personil baik dari Polri, TNI, dan Satpol PP Pemalang.

Dalam PKPU 6 tahun 2020, pendaftaran resmi akan dilaksanakan tanggal 4-6 September 2020 atau 2 hari lagi.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan