Seluruh Anggota DPRD dan Staf Sekretariat DPRD Kota Tegal Di-rapid Test

Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro sedang diambil sampel darahnya saat menjalani rapid test, di ruang Paripurna DPRD Kota Tegal, Senin, 20 Juli 2020.FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Tegal – Sebanyak 70 orang terdiri dari Anggota dan Sekretariat DPRD Kota Tegal menjalani rapid test Covid-19, yang digelar di ruang paripurna DPRD Kota Tegal, Senin siang, 20 Juli 2020. Rapid test yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Tegal itu digelar atas permintaan para wakil rakyat.

Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro, mengatakan, rapid test bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Tegal dan menjaga agar Kota Tegal yang sudah berstatus zona hijau. Pasalnya, menurut Kusnendro, DPRD Kota Tegal banyak menerima kunjungan dari daerah lain.

Kusnendro menyebut, dalam bulan Juni 2020 saja ada sebanyak 23 daerah yang melakukan kunjungan ke Kota Tegal. Walaupun standard operational procedure (SOP) kunjungan sudah ditempuh tapi tetap perlu dilakukan antisipasi termasuk melakukan penyemprotan sterilisasi ruangan yang dipakai untuk rapat.

“Selama bulan Juni ada 23 daerah yang datang ke Kota Tegal terutama di DPRD Kota Tegal. Sehingga antisipasi itu tetap dilaksanakan. Selain di DPRD dilakukan penyemprotan secara rutin ruangan-rungan yang dipakai untuk rapat-rapat kita sterilisasi,” kata Kusnendro kepada puskapik.com usia mengikuti rapid test.

Kusnendro menambahkan, protokol kesehatan juga dilaksanakan secara ketat dilingkungan Kantor DPRD, mulai dari wajib memakai masker, penyediaan hand sanitizer dan tempat cuci tangan di sejumlah titik. Pengecekan kesehatan secara berkalanjutan dilakukan untuk memastikan seluruh Anggota DPRD dan Staff Sekretariat DPRD Kota Tegal, dalam keadaan sehat.

“Jadi kami terima tamu maupun kami keluar itu diyakani bahwa seluruh anggota dan staff sekwan itu dalam keadaan sehat,” ujar Kusnendro.

Rapid Test dan pemeriksaan kesehataan, tambah Kusnendro, sekaligus untuk meyakinkan semua pihak bahwa Kota Tegal bebas Covid-19 dimulai dari DPRD. Kusnendro meminta OPD yang ada di Pemkot Tegal juga melakukan rapid test untuk pencegahan dini Covid-19.

“Mulai dari DPRD, Pemerintah Kota dan OPD semua harus diyakini benar-benar menjalani rapid test ini agar bisa diketahui lebih awal, deteksi dini yang nanti kalau ada yang reaktif akan ada tindakan selanjutnya seperti swab,” terang wakil rakyat dari PDIP tersebut.

Kontributor : Wijayanto
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan