Berstatus Zona Risiko Rendah, Banyumas Siap New Normal

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Purwokerto- Banyumas menjadi salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang siap menerapkan new normal secara bertahap. Kota mendoan ini mendapat lampu hijau dari provinsi, sebab penilaian dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Banyumas kini statusnya masuk zona risiko rendah.

“Dari penilaian, Banyumas sudah zona risiko rendah dan layak menerapkan new normal secara bertahap,” kata Bupati Banyumas, Achmad Husein, usai menerima kunjungan pasien yang sudah sembuh dari Covid-19, di Kompleks Pendapa Sipanji, Senin 15 Juni 2020.

Husein mengatakan, perubahan status Banyumas dari zona risiko tinggi menjadi zona risiko rendah berkat upaya kerja keras tim Gugus Tugas Covid-19 dan kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Di Jateng ada dua yang masuk zona risiko rendah, Banyumas dan Wonosobo. Sama sama pernah zona risiko tinggi, kini sudah berubah tentu karena perjuangan dan ikhtiar semua pihak. Kondisi seperti ini harus dipertahankan, maka saya minta masyarakat tetap mengikuti imbauan pemerintah,” ujar Husein.

Kepala Dinas Kesehatan Banyumas, Sadiyanto, menyebut, indikator penilaian dari Dinas Kesehatan Prov Jateng yaitu adanya penurunan jumlah kasus positif, penurunan jumlah ODP dan PDP, penurunan jumlah kasus positif yang meninggal, penurunan kasus ODP dan PDP yang meninggal, serta penurunan kasus pasien ODP dan PDP yang dirawat di rumah sakit, selama dua minggu terakhir.

“Jadi harus ada tren positif penurunan kasus. Berikutnya wajib ada kenaikan jumlah pasien yang sembuh dan selesai pemantauan bagi ODP dan PDP,” kata Sadiyanto.

Pada laman covid19.banyumaskab.go.id, data per 15 juni memperlihatkan masih ada sebanyak 34 ODP, 14 PDP (dirawat), dan 8 yang positif. Hingga saat ini, dari total 70 pasien positif Covid 19, 4 meninggal dunia dan 58 dinyatakan sembuh.

Penulis : Amin Nurrokhman

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!