TNI – Polri Kota Tegal Cek Kesiapan Fasilitas Publik Sambut New Normal

Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari Wibowo, memakaikan masker kepada salah satu porter di Stasiun Tegal, Kamis siang, 28 Mei 2020. Jajaran TNI- Polri di Kota Tegal mengecek kesiapan tempat publik menyambut new normal.FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Jajaran TNI & Polri di Kota Tegal melakukan pengecekan ke sejumlah tempat publik, Kamis siang, 28 Mei 2020, untuk menyambut pemberlakuan normal baru atau new normal. Pengecekan dilakukan langsung oleh unsur pimpinan masing-masing instansi, yakni Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo, Dandim 0712/Tegal Lektkol (Inf) Richard Arnold Yeheskiel Sangari dan Danlanal Tegal Letkol (Mar) Ridwan Aziz.

Pengecekan antara lain dilakukan di Stasiun Besar Tegal untuk melihat sejauh mana kesiapan pihak stasiun menyambut era normal baru atau new normal. Pengelola stasiun diminta untuk menerapkan protokol kesehatan yang lebih serius dan ketat, antara lain menyiapkan tempat cuci tangan, handsanitizer, penerapan physical distancing, menjaga jarak aman, serta menyiapkan pintu masuk dan keluar yang berbeda.

“Ini merupakan salah satu upaya kita untuk persiapan new normal, jadi ada beberapa edukasi yang kita berikan kepada masyarakat dan juga ke beberapa warga yang memang bekerja di area publik, supaya merekapun melengkapi dirinya dengan APD yangg tepat,” kata AKBP Rita Wulandari.

Menurut Rita, untuk menuju new normal ada beberapa hal yang harus dijalankan sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid-19. Warga yang beraktifitas di tempat publik diwajibkan melaksanakan protokol kesehatan, antara lain menggunakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau handsanitizer yang tersedia di tempat-tempat umum.

Menurut Rita, new normal adalah kebijakan untuk membuka kegiatan ekonomi, sosial namun dengan protokol kesehatan yang lebih ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Jadi ekonomi jalan, kehidupan kita kembali berjalan, tapi cara yang berbeda dengan semula yang kita tidak ada batas tidak ada jarak, tanpa menggunakan masker, itu mulai sekarang kita atur untuk mulai membiasakan ini,” terang Rita.

Pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat, sambung Rita, sangat mendukung untuk mempercepat ketika pemerintah nanti mencanangkan new normal. Rita menyebut, masyarakat juga harus diberi pemahaman dan kesadaran bahwa sekarang harus berdamai dengan Covid-19.

“Mohon bantuan juga supaya rekan-rekan media memberikan imbauan juga melalui tulisannya. Supaya masyarakat ini diberi pemahaman dan kesadaran bahwa kita harus mulai berdamai dengan Covid-19 dengan cara mempersiapkan diri menyambut new normal dan kita laksanakan semua sesuai dengan standar protokol kesehatan,” ujar Rita.

Selain di stasiun, pengecekan kesiapan tempat publik, juga dilakukan di pasar, mal dan tempat wisata. Semua tempat publik di Kota Tegal harus siap untuk menyambut pelaksanaan new normal sebelum tanggal 1 Juni 2020.

“Nah kami dari tni dan polri akan hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman. Untuk masyarakat supaya lebih tertib menggunakan masker, membiasakan standar protokol kesehatan,” pungkas Rita.

Kontributor : Wijayanto
Editor : Amin Nurrokhman

Tinggalkan Balasan