Corona, Komunitas Seneng Bareng Pemalang Berbagi Sembako

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Komunitas ‘Seneng Bareng’ Pemalang, santuni anak-anak yatim piatu di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Kepada puskapik.com, Kamis 9 April 2020, Humas Komunitas Seneng Bareng, Pemalang, Ahmad Rozaqi, menuturkan, ‘Seneng Bareng’ adalah sebuah komunitas yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, yang berpusat di Desa Mejagong, Randudongkal, Pemalang.

Salah satu programnya, menyantuni anak yatim-piatu yang terdata di komunitas.
Santunan diberikan konsisten setiap bulan, dari mula 1 anak yatim-piatu di 2018 lalu, hingga saat ini telah menyantuni 31 anak yatim-piatu.

Namun kegiatan yang sudah menjadi rutinitas tiap bulannya dengan mengumpulkan anak-anak yatim-piatu untuk diberi santunan, kali ini tertunda akibat pandemi Covid-19.

Penyebaran virus yang dirasa cepat, hingga bulan April ini pemerintah masih memberikan instruksi sosial distancing kepada masyarakat.

Social distancing yang dimaksud adalah, agar masyarakat menghindari keramaian sementara waktu, untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19.

“Wabah corona sangat berdampak kepada masyarakat, terlebih dari sektor ekonomi. Salah satunya naiknya harga kebutuhan pokok.

Dalam situasi demikian, para pengurus Komunitas Seneng Bareng membaca sebagai peluang untuk tetap berbagi,” papar Ahmad Rozaqi.

Komuitas Seneng Bareng tetap melakukan santunan kepada anak yatim-piatu berupa paket sembako dan paket kesehatan yang dibagikan ke tiap-tiap rumah anak.

Hal tersebut juga disampaikan  Ahmad Zaenuri, Pelaksana Tugas (PLT) Ketua Umum Komunitas Seneng Bareng.

“Tentunya imbauan pemerintah terkait dengan social distancing, kami patuhi. Namun kami juga mempunyai tanggung jawab terhadap anak-anak. Oleh karena itu, momen ini kami jadikan ajang untuk menyosialisasikan program pemerintah, lewat media santunan berupa sembako dan juga paket kesehatan, “ ujarnya.

Lewat anjuran ulama untuk mematuhi imbauan pemerintah, Komunitas Seneng Bareng tidak melakukan kegiatan mengumpulkan massa, seperti di bulan-bulan sebelumnya. Namun berkeliling ke tiap rumah anak-anak dengan kemasan paket sembako, berisi beras, telur, minyak, gula, teh, susu. Dan juga paket kesehatan seperti cairan disinfektan, hand sanitizer, masker anak, dan masker orang tua.

Kegiatan tersebut adalah wujud upaya Komunitas Seneng Bareng, untuk terus berkomitmen dalam berpartisipasi mewujudkan solidaritas, dan gotong royong antarsesama.

“Semoga kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi yang menerima, yang memberi, yang membaca dan membagikan informasi ini.

Karena di antara manfaat sedekah adalah bertambahnya nikmat dan juga Insya Allah dapat menjadi ‘tameng’ kita dari bala penyakit dan musibah. Amiiin,” tutur Ahmad Zaenuri.

Komunitas Seneng Bareng juga membuka kesempatan kepada semua kalangan untuk turut serta berdonasi memberikan santunan anak yatim-piatu. Donasi dapat dikirimkan melalui rekening donasi an Seneng Bareng 206801009629534 BANK BRI.

Informasi seputar kegiatan Komunitas dapat diakses pada Facebook Seneng Bareng, dan Instagram @goletseneng.

Penulis : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini