Corona, Di Pekalongan Warga Mulai Siapkan Tempat Karantina Mandiri

FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Warga RW 9 Perumahan Binagriya Indah, Kelurahan Pringrejo, Pekalongan Barat, Kota pekalongan, secara bergotong royong, membuat posko khusus penanganan Covid-19 atau corona. Mereka membuat banyak tempat cuci tangan, di ujung jalan masuk juga di sejumlah titik.

Pantauan puskapik.com, Senin 6 April 2020, warga secara bergantian melakukan penyemprotan disinfektan, di rumah- rumah serta fasilitas umum seperti masjid juga pos ron dan dan tempat berkumpul masyarakat. Setiap warga atau tamu yang masuk perumahan, diminta cuci tangan lalu diberikan masker dan diminta menjaga kebersihan serta kesehatan.

FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

Selain itu, ada yang istimewa, mereka menyiapkan satu rumah khusus untuk tempat karantina. Ini bisa digunakan bagi warga yang terkena dampak corona, atau yang baru pulang mudik atau kerja luar kota, bisa isolasi mandiri di tempat itu.

“Warga melakukan aksi ini sebagai antisipasi semakin merebaknya Covid-19. Posko kita buka di rumah milik warga yang kebetulan kosong, dan diperbolehkan secara suka rela untuk posko sekaligus tempat karantina mandiri,“ jelas H Subadi, Ketua RW 9 Binagriya Indah, Kelurahan Pringrejo.

Disebutakan, mereka yang dikarantina akan diberikan bantuan makanan, vitamin, pemantauan kesehatan dari tim medis. “Jika menunjukkan gejala sakit, maka akan dirujuk ke rumah sakit terdekat dengan diantar langsung tim dar warga,” jelasnya.

Di posko ini juga disediakan obat- obatan, masker, tempat cuci tangan, mushala, kamar mandi dan warga yang selalu berjaga selama 24 jam.

“Kami berusaha menyiapkan semuanya secara mandiri. Biaya posko Covid-19, ini hasil dari patungan warga secara suka rela,” ujar H Aminnudin, Ketua Posko Covid-19 perumahan Binagriya Indah. Mereka akan terus menggalang keterliabtan dan kepedulian warga sampai wabah tertangani dan hilang.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

Tinggalkan Balasan