Relawan LPBI NU Banyumas Semprot Disinfektan

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Banyumas – Berbagai pihak terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan sosialisasi preventif dan penyemprotan disinfektan. Tak terkecuali Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kabupaten Banyumas, yang ikut berperan dalam penyemprotan disinfektan dan pembagian hand sanitizer di sejumlah tempat, Sabtu 28 Maret 2020.

Hal ini dilakukan mengingat semakin meningkatnya gejala penyebaran Covid-19. “Langkah ini diambil sebagai upaya berkelanjutan dari pencegahan Covid-19. Di Kecamatan Kedungbanteng, telah didirikan tujuh titik posko gugus tugas pada jalur keluar atau masuk wilayah kecamatan,” kata Ketua LPBI NU Kabupaten Banyumas, Wuryanto Al Maghfuri.

Menurut Wuryanto, LPBI NU menjadi lembaga yang secara struktural-organisatoris sebagai pelaksana kebijakan dan program NU di bidang penanggulangan bencana, perubahan iklim, dan pelestarian lingkungan. “Penyemprotan kali ini difokuskan pada tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Baturraden, Purwokerto Utara dan Kedungbanteng. Sasaran yang dituju meliputi masjid, pondok pesantren, madrasah diniyah dan tempat umum lain,” jelasnya.

Relawan LPBI NU Kabupaten Banyumas, Ahmad Musholih, menyampaikan, intensifikasi penyemprotan disinfektan dan pembagian hand sanitizer merespon perubahan terkini. Kegiatan ini hasil kerjasama dengan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Banyumas.

“Acara dipimpin oleh Ketua Pengurus Cabang NU Kabupaten Banyumas. Relawan secara sukarela bahu membahu membagi hand sanitizer dan mendatangi beberapa tempat untuk disemprot. Selain menyemprot dan membagi hand sanitizer, relawan juga mengimbau masyarakat melalui pengeras suara dengan mobil keliling. Meski sederhana, cara ini dianggap lebih menarik dan mendekat ke masyarakat,” ujar Musholih.

Penulis : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini