Pantau Kedatangan Penumpang Bus di Terminal Pemalang

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Komisi B DPRD Pemalang meminta agar kedatangan bus, khususnya dari luar kota yang datang di terminal induk Pemalang untuk dipantau secara ketat. Langkah deteksi dini perlu dilakukan untuk mencegah masuknya virus corona atau Covid-19 masuk ke wilayah Pemalang.

“Segera buatkan posko kesehatan di terminal induk dan sub-sub terminal. Ini penting agar ada deteksi dini virus corona yang dikhawatirkan dibawa penumpang bus yang masuk ke Pemalang,” kata Ujianto MR, Anggota Komisi B DPRD Pemalang, dalam keterangan pers kepada Puskapik.com, Senin 23 Maret 2020.

Meski hingga kini belum ada warga Pemalang yang dinyatakan positif terkena virus corona, Ujianto yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar ini meminta agar Dinas Perhubungan (Dishub) lebih pro aktif dalam menyikapi kasus mewabahnya virus corona.

“Pantau kedatangan semua armada yang masuk ke terminal dan sub terminal. Sebisa mungkin penumpang yang baru turun untuk dicek suhu tubuhnya dan disodori hand sanitizer. Memang repot, tapi itu langkah terbaik untuk mencegah masuknya virus corona,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dsihub Pemalang, Ahmad Fatah mengaku kesulitan memantau kedatangan penumpang untuk mencegah penyebaran Covid -19 atau virus corona. Kesulitan yang dialami Dishub adalah tidak tersedianya alat pendeteksi suhu tubuh penumpang, padahal jumlah yang dibutuhkan tidaklah sediikit.

“Saya sependapat, perlu dilakukan pengawasan eksta di sektor sarana transportasi. Baik di terminal induk maupun sub terminal. Tapi kami (Dishub) mengalami kesulitan, karena keterbatasan tidak adanya alat pendeteksi Corona. Salah satunya alat pengukur suhu badan,” ungkap Fatah.

Meski demikian, Fatah memastikan, langkah pencegahan yang sudah dilakukan. Antara lain, menjaga kebersihan lingkungan terminal, sosialisasi terhadap pengusaha dan sopir bus, serta menyediakan hand sanitizer di beberapa titik diterminal, penyemprotan diinfektan dan menyiapkan alat-alat cuci tangan di beberapa tempat.

Fatah menyatakan sedang berupaya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk memaksimalkan pemantauan dan pengawasan di sektor transportasi publik. Salah satu yang sedang diupayakan adalah meminta agar ditempatkan tim medis di terminal induk dan sub terminal yang ada di Kabupaten Pemalang.

Penulis : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini