MAN 2 Brebes Donorkan Ratusan Kantung Darah

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

BUMIAYU (PUSKAPIK)–Palang Merah Remaja (PMR) Wira MAN 2 Brebes bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Brebes selenggarakan donor darah pada Selasa (18/02/2020). Sudah ratusan kantung darah disumbangkan oleh MAN satu-satunya di Bumiayu itu.

Waka Kesiswaan MAN 2 Brebes, Eti Sophia Wijayanti SPd, kepada Puskapik, Rabu pagi (19/2/2020) meyebut, jika dihitung sejak 2009, maka dipastikan sudah banyak kantung darah yang terserap. “Ini agenda rutin sejak 2009, jadi sudah ratusan kantung darah pastinya,” kata Eti.

Pembina PMR Wira MAN 2 Brebes, Lidya Fani, menuturkan, donor darah ini merupakan kegiatan rutin tri wulan yang telah dilaksanakan sejak awal tahun 2009. Ini merupakan bukti konsistensi kerja sama antara PMR Wira MAN 2 Brebes dengan PMI Kabupaten Brebes.

“Aksi sosial hasil kerja sama dengan PMI kabupaten Brebes ini wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan dari keluarga besar MAN 2 Brebes,” ujar Fani.

Fani berharap kegiatan ini akan terus berlanjut meskipun para siswa telah lulus dan menjadi pendonor aktif dalam kehidupan masyarakat. Civitas akademika MAN 2 Brebes tampak antusias mengikuti aksi sosial ini, terbukti tujuh puluh orang mendaftarkan diri sebagai pendonor yang terdiri dari siswa, guru, dan karyawan.

Namun demikian, tidak semua pedaftar bisa mendonorkan darahnya. Sebab ada yang tidak memenuhi syarat, seperti tekanan darah dan haemoglobin.

Hasil donor darah kemarin terkumpul sebanyak 45 kantong darah yang dilaksanakan sejak jam 8 pagi hingga siang. “Satu kantung darah selain menyelamatkan nyawa orang lain, juga menyehatkan pendonornya”, ujar Lidya Fani.(AR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini