Antisipasi Virus Corona Dinkes Batang Cek Tenaga Kerja Asing

0
Bupati Batang, Wihaji. FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

BATANG (PUSKAPIK) – Waspada Virus Corona, Bupati Batang, Wihaji , perintahkan Dinkes siap siaga cek TKA (Tenaga Kerja Asing) di Kabupaten Batang, Jumat (7/2/2020).

Banyaknya jumlah tenaga kerja asing di Batang termasuk ancaman masuknya Virus Corona. TKA di Batang tersebar di berbagai Industri seperti PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) ada 2 x 1.000 warga asing, dan di perusahaan asing lainnya.

Bupati Batang, Wihaji menyampaikan, Virus Corona disinyalir berasal dari Kota Wuhan, China. “Kewajiban kita antisipasi dan memastikan Kabupaten Batang tidak ada Virus Corona, seandainya ada, kita langsung mencari solusi,” ungkapnya.

Pemkab Batang tetap terbuka terhadap TKA. Tapi selalu waspada agar Virus Corona tidak menyebar di Batang. “Saat tahun baru Imlek kemarin, banyak tenaga kerja asal China mudik ke negara asalnya. Oleh karena itu, kita harus cek. Kalau ditemukan, maka RSUD harus menyiapkan ruang isolasi, jika tidak mampu maka kita rujuk ke Semarang,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehtaan, Batang, dr Hidayah saat dikonfirmasi sebelumnya,mengatakan, saat ini di Batang belum ditemukan orang yang terjangkit Virus Corona. Namun kita harus waspada dan menunda berpergian ke luar negeri, terutama ke negara yang sudah ditemui penyebaran kasus Virus Corona.

“Alhamdulillah sampai saat ini belum ditemukan di Batang. Tapi kami ini sudah siaga”, katanya. Virus Corona merupakan virus yang menyebabkan penyakit ringan hingga berat mulai dari demam, pilek ataupun penyakit seperti MERS dan SARS.

“Jika memang harus bepergian ke daerah yang terinfeksi Virus Corona, diharapkan selalu terapkan PHBS (Pemberdayaan Hidup Bersih dan Sehat), hindari kontak dengan hewan dan pasar hewan, hindari kontak langsung dengan penderita, gunakan masker dan terapkan etika batuk,” jelasnya (MJ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini