Kendal

Jembatan Penghubung Desa Nawangsari-Sumberagung Kendal Ambles Diguyur Hujan

KENDAL (PUSKAPIK) – Jembatan penghubung Desa Nawangsari dan Desa Sumberagung, Kecamatan Weleri, Kendal ditutup sementara lantaran fondasinya ambles. Pengguna jalan harus memutar sejauh 3 kilometer untuk menuju desa sebelah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, jembatan sepanjang 60 meter dan lebar 150 cm itu ambles pada Senin (13/1/2020) sekitar pukul 03.00 WIB. Hujan deras yang mengguyur sejak Minggu (12/1/2020) sore diduga sebagai penyebab amblesnya fondasi jembatan.

“Fondasi ambles pukul 03.00 dini hari WIB (Senin, 13/1/2020) karena hujan turun dari Minggu (12/1/2020) sore. Terdengar suara gemuruh, ternyata fondasi jembatan ambles dan longsor sebagian,” kata warga Desa Nawangsari, Rodiyah, Senin (13/1/2020).

Berdasarkan pantauan di lapangan, fondasi jembatan ini ambles sekitar 1 meter. Akibatnya, jembatan miring dan membahayakan keselamatan pengguna jalan. Dengan kondisi seperti itu, jembatan akhirnya ditutup dan tidak boleh dilintasi kendaraan. Bagi yang ingin ke lain desa maka harus memutar 3 kilometer.

Kepala Desa Nawangsari, Ali Ridho mengatakan, tahun lalu jembatan penghubung ini sempat putus diterjang aliran sungai yang deras. Namun kemudian diperbaiki oleh Pemerintah Kendal melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Namun lantaran kondisi tanah yang labil dan konstruksi tidak kuat, maka jembatan kembali ambles.

“Saya berharap pemerintah bisa segera memperbaiki jembatan dan dibuat lebih kuat lagi. Pasalnya jembatan tersebut berdekatan dengan jembatan kereta api, sehingga mungkin getarannya lebih besar,” katanya. (FM)

Faisal

Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *