Kabupaten Pemalang Bakal Miliki Museum, Begini Konsepnya

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pemerintah Kabupaten Pemalang bakal membangun museum. Nantinya, museum tersebut akan menyimpan koleksi benda pusaka, arsip sejarah, hingga warisan seni dan budaya asli “Kota Ikhlas”.

Kabid Kebudayaan Dindikbud Pemalang, Suwarso, menuturkan, site plan pembangunan museum tersebut saat ini sudah rampung. Proyek museum ini akan segera ditenderkan usai penghitungan rancangan anggaran pembangunan selesai.

Museum umum ini bakal dibangun di Jalan Laksda Yos Sudarso, Kelurahan Widuri, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, diatas lahan seluas 1,5 hektare.

“Sebelumnya direncanakan di Ndalem Notonegoro Kebondalem, tapi kemudian dialihkan karena pertimbangan-pertimbangan tertentu.” ujar Suwarso kepada puskapik.com, Jumat 14 April 2023.

Museum lokal tersebut, tutur Suwarso, bakal menyimpan koleksi arsip sejarah, benda pusaka, berbagai warisan seni dan budaya maupun adat istiadat Kabupaten Pemalang. Konsep museum ini cenderung lebih modern.

“Bentuknya tidak kuno. Jadi nanti disana ada benda-benda pusaka, termasuk dua kereta kencana Kabupaten Pemalang akan ditaruh disana, alat-alat musik seperti bung bak juga,” terang Suwarso.

“Jadi museum itu menyuguhkan gambaran adat dan budaya sosial masyarakat Kabupaten Pemalang. Bahkan tidak menutup kemungkinan kita taruh perahu cantrang disana, karena Pemalang ini daerah pantura dengan sektor laut,” imbuhnya.

Selain untuk menyimpan arsip dan benda-benda bersejarah Kabupaten Pemalang, museum tersebut juga akan difungsikan sebagai ajang pentas seni budaya yang bisa menjadi tontonan warga masyarakat.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!