Batang

Puting Beliung Sapu Pantai Celong Batang, Kerugian Capai Puluhan Juta Rupiah

BATANG (PUSKAPIK) – Angin puting beliung menerjang Pantai Celong di Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Jumat (10/1/2020). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut tapi kerugian material mencapai puluhan juta rupiah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, puting beliung tiba-tiba datang saat wisatawan sedang asyik bermain di Pantai Celong. Mereka lalu menjauh dari pantai mencari tempat yang lebih aman. “Angin kencang itu menyebabkan lima warung rusak berat, masing-masing milik Yanti, Nunung, Mujiroh, Wor, dan Titik. Total kerugiannya diperkirakan mencapai Rp25 juta,” kata salah satu warga, Mardiyanto, Sabtu (11/1/2020).

Masjid Miftakhul Huda, yang berada di Dukuh Celong juga tak luput dari terjangan puting beliung. Atas masjid rusak tertiup angin kencang. Akibatnya mengalami kerugian Rp3 juta. Selain itu, lima unit gazebo juga rusak, menyebabkan kerugian Rp30 juta. Puting beliung juga merobohkan 10 pohon peneduh.

“Sehingga total kerugian akibat puting beliung di Celong, Kedawung sebesar Rp57 juta,” kata Kepala BPBD Batang, Slamet Maktub.

Saat ini masyarakat bersama ormas, tim SAR Bravo 383 Batang, serta aparat melakukan kerja bakti untuk memperbaiki kerusakan akibat puting beliung. Hadir juga Camat, Kapolsek, Koramil, Kepala TPI Celong, kepala dan perangkat desa di lokasi kejadian. Saat ini nelayan masih takut melaut dikarenakan angin dan ombak cukup besar serta cuaca kurang mendukung. (MJ)

Faisal

Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *