Menyongsong Harlah 1 Abad NU, JRA Pemalang Gelar Ruqyah Massal

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Menyongsong 1 Abad Hari Lahir (Harlah) Nahdatul Ulama, Jam’iyah Ruqyah Aswaja (JRA) Pemalang menyelenggarakan Ruqyah massal yang di kemas oleh MWC NU Pemalang di Masjid Al Islah Kebondalem, Minggu 15 Januari 2023.

Pengurus Cabang (PC) Jam’iyah Ruqyah Aswaja (JRA) Pemalang sebagai organisasi sayap resmi dari Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) turut berperan aktif menjaga ajaran dan tradisi ulama nahdliyin di Kota Ikhlas melalui gerakan syifa (pengobatan) dengan metode Al-Qur’an dan doa.

Selain pengobatan medis dan non-medis dengan Al-Qur’an sebagai obat pertama dan utama, metode pengobatan dengan bentuk Ruqyah Massal ini juga diyakini dapat membentengi Ahlus Sunnah wal Jama’ah (Aswaja) Syar’iyah An-Nahdliyyah yang menjadi pondasi ajaran NU dari faham radikalisme.

Dimana saat ini mulai marak golongan-golongan radikalisme yang juga menggunakan strategi doktrin dengan metode tersebut.

Ketua JRA Kabupaten Pemalang, Mbah Khairi Sa’adi, menyampaikan, pengobatan ruqyah memiliki beberapa metode, dimana tidak hanya sekedar pengobatan, tetapi juga gerakan dakwah, membentengi warga nahdliyin dari ruqyah-ruqyah oleh orang-orang yang memiliki akidah di luar NU.

“Ada metode ruqyah dasar, ada ruqyah zalzalah, ada ruqyah sima’i, ada juga ruqyah khusus, dimana ruqyah ini tidak sekedar pengobatan, tetapi juga gerakan dakwah membentengi warga nahdliyin dari ruqyah-ruqyah dari orang-orang yang memiliki akidah di luar NU, sebab metode ruqyah sangat banyak dan berbeda-beda,” terangnya.

Khidmah JRA Sukma Bidara Kabupaten Pemalang, diharapkan dapat membawa manfaat yang positif terhadap masyarakat khususnya warga nahdliyin, serta meluruskan pemahaman masyarakat tentang ruqyah, dimana ruqyah tidak sekedar mengobati penyakit non medis yang berasal dari pengaruh makhluk jin, tetapi bahkan mengobati berbagi macam penyakit dalam yang masuk kategori medis.

“Tentu semua atas izin Allah SWT, kita berharap masyarakat tidak salah kaprah memahami tentang ruqyah, bahwa ruqyah tidak hanya mengobati penyakit yang berkaitan dengan jin atau makhluk ghoib saja, tetapi juga berbagai penyakit dalam,” tandasnya.

Sementara itu salah satu praktisi JRA, KH Mahmud Yunus menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan metode pengobatan ruqyah. Sebab pengobatan ruqyah sudah terjamin keabsahannya karena bersumber dari Al Qur’an dan bermacam-macam bacaan doa.

“Pengobatan ruqyah dengan menggunakan metode Al Qur’an dan doa, karena itu masyarakat tidak perlu ragu apalagi takut, selain itu ruqyah juga menjadi gerakan dakwah dan benteng bagi warga nahdliyin,” jelasnya.

Penulis : Gilang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini