Festival Bandeng Bakar di Mojo Pemalang, Habiskan 2,5 Kuintal Ikan Bandeng

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ratusan kilogram Ikan Bandeng ludes dalam Festival Bandeng Bakar yang digelar di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang Sabtu 6 Agustus 2022.

Dalam festival ini, pengunjung cukup membayar tiket Rp 20 ribu untuk bisa menyantap satu porsi olahan bandeng bakar lengkap. Festival ini pun dikunjungi ribuan orang.

Festival Bandeng Bakar digelar sebagai upaya mengenalkan produk budidaya perikanan milik warga Desa Mojo kepada masyarakat luas.

“Kita siapkan 2,5 kwintal ikan bandeng atau 1000 tiket ke pengunjung. Sudah habis dalam hitungan jam,” ujar Mulasti, salah satu panitia acara.

Seperti diketahui, potensi Bandeng di wilayah Kecamatan Ulujami cukup tinggi. Tercatat dari tiga desa yakni Mojo, Limbangan, dan Pesantren pada tahun 2021 menghasilkan 3.113.881 ton.

Bahkan, pasarnya pun tidak hanya untuk memenuhi permintaan dalam negeri saja melainkan sudah menjadi komoditi ekspor dengan standar kualitas yang tinggi.

Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, mengapresiasi gelaran festival ini. Menurutnya, kegiatan festival ini bisa menjadi ajang promosi hasil budidaya perikanan wilayah setempat.

“Di sini potensinya banyak, selain bandeng ada udang vanamie dan kepiting. Produk olahannya juga ada, kita lihat tadi ada bandeng presto dan ada bandeng kripsi, ini terobosan yang luar biasa,” ungkapnya.

Bupati Mukti Agung Wibowo berjanji bakal memberikan dukungan penuh melalui Dinas terkait, bahkan bakal menyediakan tempat untuk pemasaran produk budidaya perikanan Desa Mojo.

“Tadi beberapa permasalahan yang disampaikan oleh petani dan kelompok koperasi kita tampung dan akan segera kita carikan solusinya melalui dinas terkait,” tutunya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini