Cegah Kebakaran Hutan, Liza dari Pulosari Pemalang Dijuluki Kartini Lingkungan Hidup

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dalam momen Hari Kartini, Kamis 21 April 2022, perempuan asal Desa Jurangmangu Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang menerima penghargaan atas dedikasinya terhadap alam Gunung Slamet.

Adalah Liza Kurniati, anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) Rimba Slamet. Ia menerima penghargaan ‘Perempuan Berjasa dan Berprestasi’
dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Jawa Tengah, Atikoh, didampingi Gubernur Ganjar Pranowo bersamaan perayaan Hari Kartini 2022 di Pendopo Kabupaten Magelang.

Diketahui, penghargaan ini diterima Liza Kurniati atas dedikasinya dalam upaya penyelamatan hutan dari ancaman kebakaran. Liza aktif dalam kegiatan itu bersama kelompok MPA Rimba Slamet sejak 2014 silam.

Selain aktif dalam upaya penyelamatan hutan dari kebakaran, MPA Rimba Slamet sendiri juga aktif berkontribusi dalam berbagai acara yang diselenggarakan desa, seperti menjadi panitia event lintas alam dan pendakian.

Apabila terjadi kebakaran hutan, Liza bertugas menyiapkan logistik untuk keperluan para kru MPA Rimba Slamet saat melakukan upaya pemadaman. Ia juga pernah ikut mengevakuasi pendaki yang tersesat di Gunung Slamet.

Wakil Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemalang, Raharjo, turut hadir menyaksikan serah terima penghargaan kepada Liza di Pendopo Kabupaten Magelang itu.

Raharjo mengapresiasi upaya penyelamatan alam yang selama ini dilakukan Liza bersama MPA Rimba Slamet.

“Saya turut bangga dengan pengabdian Liza dan kawan-kawan MPA Rimba Slamet. Saya bisa menyebut, Liza ini adalah Kartini Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang.” kata Raharjo via telepon.

Raharjo berharap pengabdian Liza Kurniati bersama MPA Rimba Slamet dalam upaya penyelamatan dan pelestarian alam bisa menjadi contoh bagi wilayah-wilayah lainnya di Kabupaten Pemalang.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!