Lihat, Begini Antusiasme Kontes Ternak Bupati Pemalang Cup

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Peternak lokal Kabupaten Pemalang antusias mengikuti kontes bobot ternak Bupati Cup 2022. Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat berharap, kontes ini mampu meningkatkan animo sektor peternakan dan ekonomi masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Pemalang menggelar kontes bobot ternak Bupati Cup 2022 di Taman Apresiasi Pantai Widuri, Sabtu 5 Februari 2022. Kontes ini masih dalam rangkaian HUT Kabupaten Pemalang ke-447.

Kontes Bupati Cup 2022 itu memperlombakan bobot ternak mulai dari kategori kambing muda-dewasa, domba merino muda-dewasa, domba non-merino muda-dewasa, serta kelinci hias dan kelinci pedaging.

Kepala Dinas Pertanian Pemalang, Wahadi, mengatakan, ini adalah kali pertama Pemkab menggelar kontes ternak. Kegiatan ini, juga sekaligus untuk memunculkan potensi sektor peternakan di Kabupaten Pemalang.

“Harapan kami tahun depan lebih geliat lagi, peserta lebih banyak lagi. Ini juga untuk memotivasi para peternak agar lebih berkembang. Kemudian diharapkan juga mampu mendongkrak pasar ternak,” ungkap Wahadi.

Wakil Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, juga hadir dan meninjau satu per-satu kategori ternak yang dilombakan dalam kontes ini, termasuk produk UMKM lokal Kabupaten Pemalang terkait peternakan yang dijajakan.

“Ini luar biasa, setelah ada kontes seperti ini, ternyata banyak peternak di Kabupaten Pemalang,” ujar Mansur, usai meninjau beragam ternak yang dilombakan.

Mansur Hidayat berharap, kegiatan ini bisa meningkatkan animo masyarakat untuk beternak kambing, domba, kelinci, maupun hewan ternak lainnya. Sehingga, pendapatan masyarakat juga meningkat.

“Saya lihat juga bagus-bagus kambingnya, untuk kontes-kontes luar biasa, terus ada kelinci sembelihan dan hias. Mungkin kedepannya, selain kontes bobot juga kontes keindahan,” tuturnya.

Dalam pantauan Puskapik.com, antusiasme peternak lokal Kabupaten Pemalang cukup tinggi mengikuti kontes ini. Mereka datang dengan membawa hewan ternak andalan untuk berebut juara dan membawa pulang hadiah jutaan rupiah.

Salah satu peserta, Cholid, mengaku sudah menunggu-nunggu gelaran kontes ternak di Kabupaten Pemalang. Mengingat, kontes semacam ini sudah banyak digelar di daerah-daerah lain.

“Ya bersyukur sekali ada kontes ini, terima kasih untuk Pemda dan Dinas terkait. Ini bisa menambah semangat saya untuk menggeluti dunia peternakan,” ujar peternak domba asal Desa Majalangu Kecamatan Watukumpul itu.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!