BBWS Cimancis Temukan 93 Titik Tanggul Sungai Rawan Jebol di Brebes

0
BBWS Cimancis mengungkap ada 93 titik tanggul sungai di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dalam kondisi rawan jebol. FOTO/PUSKAPIK/FAHRI LATIEF

PUSKAPIK.COM, Brebes – Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (Cimancis) mengungkap ada 93 titik tanggul sungai di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dalam kondisi rawan jebol. Tanggul rawan jebol tersebar di beberapa sungai di beberapa kecamatan di wilayah Brebes Barat.

Kepala BBWS Cimanuk-Cisanggarung, Ismail Widadi menyebutkan, dari 93 titik rawan itu, 25 di antaranya sudah diperbaiki. Sisanya masih belum diperbaiki.

“Seluruhnya ada 93 titik tanggul yang masuk katagori rawan. Dari 93 titik yang rawan itu sudah kita percepat penangannya 25 titik. Jadi, ada 68 titik yang perlu kita waspadai,” katanya usai berkordinasi dengan Pemkab Brebes di Pendopo Kabupaten, Jumat, 12 November 2021.

Dijelaskan lebih lanjut, 93 titik yang dianggap rawan tersebar di beberapa sungai yang ada di wilayah Kecamatan Losari, Tanjung, dan Bulakamba. Sungai di tiga kecamatan tersebut yang masuk wilayah BBWS Cimancis adalah Cisanggarung (Losari), Kabuyutan (Tanjung), Sungai Babakan (Ketanggungan), dan Sungai Kluwut (Bulakamba).

Menjelang musim penghujan, Ismail menyebutkan, telah berkoordinasi dengan Pemkab Brebes. Koordinasi ini di antaranya membahas antisipasi terjadinya bencana saat musim hujan.

“Dengan kordinasi ini, kita mengajak pemerintah baik itu dari kecamatan dan desa yang dekat dengan titik-titik itu untuk selalu waspada. Artinya, jika sewaktu-waktu ada debit air yang tinggi mereka sudah waspada dan bisa mengantisipasinya,” tuturnya.

Diwawancara terpisah, Bupati Brebes Idza Priyanti berharap, puluhan tanggul rawan ini segera diperbaiki. Sehingga, masyarakat di Kabupaten Brebes merasa aman.

“Kita harapkan 68 titik yang rawan bisa dipercepat penangannnya. Sehingga, tidak ada lagi titik yang rawan saat musim penghujan,” katanya.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini