PemalangSeputar Pantura

Lewat Si Otar, Ambil Obat di RSUD Pemalang Jadi Lebih Mudah

PUSKAPIK.COM, Pemalang – RSUD dr M Ashari Pemalang bekerja sama dengan PT POS Indonesia melahirkan inovasi pelayanan pengiriman obat untuk pasien, dalam momen Hari Kesehatan Nasional ke-57.

Penandatanganan perjanjian kerja sama inovasi Layanan Siap Obat Diantar atau ‘Si Otar’ itu berlangsung Jumat pagi, 12 November 2021, di halaman ruang IGD RSUD dr M Ashari Pemalang.

Direktur RSUD dr M Ashari, Sunardo Budi Santoso menjelaskan, dalam layanan Si Otar ini, pasien rumah sakit dipermudah dalam pengambilan obat di konter farmasi.

“Setelah pasien selesai pelayanan dari poliklinik dan mendapatkan resep, maka di konter farmasi pasien menerima penawaran, apakah menggunakan Si Otar atau menunggu di konter farmasi,” katanya.

Jika pasien memilih menggunakan pelayanan Si Otar, kata Sunardo, maka pasien tersebut diminta mengisi formulir alamat lengkap dan selanjutnya obat dikirim oleh kurir POS.

“Dari kita akan verifikasi begitu obat sampai ke pasien, bahwa obat yang terkirim sama dengan apa yang diminta oleh dokter (resep),” kata Sunardo.

Ia menegaskan, pihaknya tetap berhati-hati dalam pelayanan ini, khususnya untuk obat-obatan tertentu yang masuk dalam golongan keras.

“Untuk obat-obat tertentu yang masuk golongan narkotik, kita tetap harus hati-hati. Tapi saya yakin dengan kerja sama yang sudah kita bicarakan dengan kantor pos, kita sudah buat SOP pelayanan Si Otar,” kata Sunardo.

Tarif layanan Si Otar dipatok hanya Rp13.000. Jarak tempat tinggal pasien tak mempengaruhi tarif tersebut.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo yang menyaksikan penandatanganan kerja sama itu, mengapresiasi inovasi Si Otar dari RSUD dr M Ashari. Inovasi tersebut, kata Bupati, sekaligus mencegah penyebaran Covid-19.

“Harapannya dengan adanya inovasi Si Otar ini pasien enggak usah menunggu (obat) lama-lama lagi di rumah sakit, bisa langsung pulang ke rumah, istirahat agar cepat pulih,” kata Mukti Agung Wibowo.

Bupati berpesan kepada RSUD agar terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan, demi kepuasan masyarakat.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

Faisal

Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *