PemalangSeputar Pantura

81 Tenaga Medis Pemkab Pemalang Ikut Uji Kompetensi Jabatan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Sebanyak 81 tenaga kesehatan yang terdiri dari perawat, perekam medik, dan radiografer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang mengikuti uji kompetensi jabatan fungsional kesehatan di Kantor Sekretariat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Pemalang, Selasa 10 November 2021.

Uji kompetensi kesehatan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang melalui PPNI Kabupaten Pemalang berdasarkan Peraturan Kemenkes Nomor 18 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan.

Ketua PPNI Kabupaten Pemalang Tarno mengatakan, kompetensi ini dilakukan sebagai tolok ukur pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja sebagai pejabat fungsional kesehatan. Hal tersebut sebagai syarat untuk memenuhi kenaikan pangkat jabatan setingkat lebih tinggi.

“Uji kompetensi mendasari Perkemenkes Nomor 18 Tahun 2017 tentang Jabatan Fungsional Kesehatan, yang bertujuan sebagai keamanan bagi penerima layanan kesehatan masyarakat secara menyeluruh,” kata Tarno.

Adapun 81 tenaga kesehatan yang mengikuti uji kompetensi ini yaitu 74 perawat, 2 orang dari radiologi, dan 5 orang dari rekam medik. Mereka para peserta akan diverifikasi portofolio dan keahlian masing-masing.

“Uji kompetensi ini sudah melalui jalan panjang yang diawali sosialisasi selama 3 bulan, pra uji kompetensi selama 10 hari dan yang terkahir hari ini uji kompetensi,” katanya.

Dikatakan Tarno, penguji kompetensi dilakukan oleh Dinkes Kabupaten Pemalang dan Dinkes Provinsi Jawa Tengah. Nantinya, kompetensi yang lulus akan digunakan sebagai pengakuan kompetensi pejabat fungsional kesehatan dan pertimbangan kenaikan jabatan fungsional.

Kontributor: Dedi Muhsoni
Editor: Faisal M

Faisal

Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *