Di Brebes, 450 Pelaku Usaha Wisata Divaksin Dapat Sembako

Iklan

PUSKAPIK.COM, Brebes – Selain mendapatkan vaksin, ratusan pelaku usaha sektor wisata di Brebbes, mendapatkan bantuan sosial paket sembako. Sedikitnya 450 pelaku usaha di sektor wisata di Kabupaten Brebes, mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Bupati Brebes, Idza Priyanti mengatakan, di Kabupaten Brebes ada sekitar 50 tempat wisata wisata baik yang dikelola pemerintah maupun kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Namun karena Kabupaten Brebes masih berlakukan PPKM, maka tempat wisata belum bisa dibuka.

Untuk meringankan beban ekonomi mereka, Pemkab Brebes bersama Bank Indonesia memberikan bantuan paket sembako. Selain itu, mereka yang mendapatkan bantuan sembako, diharuskan mengikuti vaksin corona.

“Hari ini kami lakukan vaksin ke pelaku sektor wisata dan memberikan sembako. Sekedar untuk meringankan beban ekonomi dampak pandemi,” kata Idza Priyanti, Rabu 15 September 2021.

Idza menuturkan, pelaku wisata yang divaksin dan mendapat sembako di antaranya pedagang, tukang karcis, tukang parkir, petugas kebersihan dan lainnya. Mereka selama ini menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata. Namun karena penerapan PPKM, mereka tidak bekerja akibat penutupan tempat wisata.

“Saat ini, tempat wisata di Kabupaten Brebes belum diperbolehkan buka. Untuk PPKM level 3 dan level 4 tempat wisata belum boleh dibuka. Brebes masih level 3 untuk penerapan PPKM, jadi belum bisa dibuka,” lanjut Idza.

Sementara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal, M Taufik Amrozy mengatakan, pandemi COVID-19 sampai dengan saat ini masih berlangsung dan memberikan dampak yang signifikan bagi tatanan kehidupan dan perekonomian masyarakat, tak terkecuali pelaku usaha di sektor wisata. Pandemi menyebabkan penurunan kesempatan kerja yang mengakibatkan daya beli masyarakat menurun.

“Untuk menahan tekanan tersebut, Bank Indonesia bersinergi dengan pemerintah terkait melalui Program Sosial Bank Indonesia. Pada hari ini, dilakukan serah terima bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) secara simbolis yang akan didistribusikan kepada masyarakat dan pelaku usaha pariwisata yang terdampak COVID-19 di wilayah Kabupaten Brebes,” kata Taufik Amrozy.

Bantuan yang diberikan berupa 450 paket sembako senilai Rp83.925.000. Satu paket berisi 10 kg beras, minyak goreng 2 liter, gula pasir 2 kg, serta mie instan 10 bungkus. Menurut Kepala Bank Indonesia Tegal, pemberian bantuan dilakukan bersamaan dengan vaksinasi di yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini