Dukung Percepatan Vaksinasi, Dindukcapil Kota Pekalongan Jemput Bola Perekaman E-KTP Warga Binaan

Petugas melakukan perekaman e-ktp Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Kelas IIA Pekalongan. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO
Iklan

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Mendukung pelaksanaan penuntasan program vaksinasi Covid-19 bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Kelas IIA Pekalongan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Pekalongan melakukan pencocokan data e-KTP langsung terhadap 67 warga binaan.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi dibutuhkan administrasi kependudukan yakni E-KTP atau NIK. Namun tidak sedikit yang memang belum memiliki NIK ataupun sudah mempunyai NIK tetapi tidak memiliki KTP fisiknya,” kata Plt Kepala Dindukcapil Kota Pekalongan Muadi di lokasi, Rabu, 18 Agustus 2021.

Dari hasil koordinasi dengan Rutan Pekalongan, ada sekitar 67 warga binaan yang akan diverifikasi ulang data kependudukannya. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah warga binaan tersebut sudah memiliki NIK atau belum yang tersimpan di data center pusat. Jika belum, maka akan dilakukan perekaman E-KTP.

“Akan kami cocokan untuk mempermudah pelaksanaan vaksinasi nantinya, termasuk untuk mendapatkan sertifikat vaksinasi. Pengecekan salah satunya dengan sidik jari ataupun iris mata,” katanya.

Sementara itu, Karutan Kelas IIA Pekalongan, Anggit Yongki Setiawan mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Pekalongan yang sudah memfasilitasi kegiatan dan memberikan perhatian kepada warganya di Rutan Pekalongan.

Sebelumnya, vaksinasi dosis I sudah dilakukan bagi 206 warga binaan melalui Dinkes. Namun, kendalanya adalah masih ada warga binaan yang belum memiliki NIK sejumlah 41 orang.

“Untuk Dosis II ini harapannya para warga binaan sudah melakukan perekaman E-KTP dan memiliki NIK. Sehingga, tidak ada kendala dalam pelaksanaan vaksinasinya,” kata Anggit.

Menurutnya, adminitrasi kependudukan yakni E-KTP tidak hanya dibutuhkan pada saat vaksinasi. Namun, bisa digunakan untuk keperluan lainnya yang membutuhkan adminduk.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid juga meninjau langsung proses perekaman E-KTP bagi WBP. Wali kota juga menyempatkan untuk berkeliling dan melihat aktivitas para warga binaan di Rutan Kelas IIA Pekalongan.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini