1.100 Bumil di Pekalongan Ditarget Vaksin Mulai Bulan Ini

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Ibu Hamil (bumil) telah menjadi sasaran untuk vaksinasi Covid-19. Bulan Agustus ini sebanyak 1.100 bumil di Kota Pekalongan akan mulai divaksinasi. Pasalnya bumil rentan terpapar Covid-19 dan vaksinasi ini untuk mencegah risiko penularan Covid-19.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Pekalongan, Zaidah, Selasa 3 Agustus 2021 mengungkapkan, dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) merekomendasikan bumil dan ibu menyusui untuk vaksinasi.

“Vaksinasi bumil ini akan dilaksanakan Agustus ini dan menunggu juknis dari Kemenkes,” terang Zaidah.

Dijelaskan Zaidah, 1.100 bumil yang terdata menjadi sasaran vaksinasi ini yang usia kehamilannya 14-33 minggu. Kenapa awal kehamilan tak divaksin karena masih rentan sedangkan kehamilan di atas 33 minggu tengah persiapan untuk kelahiran.

“Vaksinasi bumil hanya dilakukan sekali dan jenis vaksinnya berbeda dengan sinovac,” tandas Zaidah.

Zaidah menekankan, bumil disarankan untuk vaksin, selama ini ada 7 kasus kematian ibu bersalin. Dari jumlah tersebut, 4 karena kasus Covid-19 dan 3 bukan. Vaksinasi bumil selain memberi kekebalan pada ibu juga pada bayinya. Dalam keadaan hamil seorang bumil kondisi kesehatannya menurun.

“Apabila bumil yang terpapar Covid-19 harus mengakhiri kehamilannya. Kondisi ini sangat fatal, vaksinasi ini sebagai bentuk antisipasi,” kata Zaidah.

Zaidah mengatakan, para bidan sudah melakukan koordinasi dan memberikan motivasi bumil untuk vaksin. Zaidah mengimbau agar selama pandemi ini bumil standby di rumah. Jika ingin periksa carilah tempat yang nyaman dan tak banyak kerumunan.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini