Sudah Rusak Parah, Ini Rencana Perbaikan Jalan DI Pandjaitan Pemalang

Kondisi Jalan DI Pandjaitan, Kabupaten Pemalang (jalur barat).FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Baru-baru ini Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, instruksikan Bupati Pemalang untuk segera meninjau Jalan DI Pandjaitan yang kondisinya rusak parah.

Jalan Propinsi yang di-downgrade menjadi jalan kabupaten sejak tahun 2017 lalu itu, memiliki panjang total 2,88 kilometer, dengan lebar bervariasi antara 9 meter dan 14 meter.

Kasi Perencanaan DPU TR Pemalang, Yudi Kuswoyo, mengatakan, saat ini kondisi jalan tersebut dalam kategori rusak parah.

“Nilai kemantapan jalan hanya 47,75 persen. Berarti separuhnya rusak, separuh lebih,” tutur Yudi, ditemui puskapik.com, Senin 2 Agustus 2021.

Dalam APBD tahun 2021 ini, kata Yudi, perbaikan kerusakan Jalan DI Pandjaitan dianggarkan sebesar Rp 3 mSiliar, dan saat ini sudah masuk lelang.

“Perbaikannya, Overlay jalur sebelah barat akan ter-hotmix 1 lapis sepanjang 500 meter dan lebar 5,75 meter. Dari lampu merah (traffic light) Bojongbata sampai pertigaan pabrik Gondorukem,” terang Yudi.

Kemudian, dari pertigaan pabrik Gondorukem sampai Jembatan Sungai Pesapen akan diaspal hotmix 2 lapis, sepanjang 300 meter dan lebar 5 meter.

“Jembatan Pesapen sampai eksisting beton lama (bakso balungan) dibeton 475 meter dan lebar 6 meter,” lanjut Yudi.

Untuk overlay jalur sebelah timur, akan dilakukan penambalan jalan berlubang dari traffic light Bojongbata sampai dengan Pasar Paduraksa.

“Dana Rp 3 Milyar sudah kita tender-kan, tahapannya saat ini pembuktian kualifikasi. Penandatanganan kontrak rencananya tanggal 11 Agustus,” jelas Yudi.

Dikutip dari sindonews.com, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menginstruksikan kepada Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo untuk segera menanggapi keluhan warganya terkait rusaknya jalan antar kabupaten di Pemalang . Sebelumnya Jalan DI Panjaitan di Kabupaten Pemalang rusak parah karena telah lama tidak diperbaiki.

“Sudah saya sampaikan kepada bupati Pemalang untuk ditinjau ke lapangan, ” kata Ganjar, Sabtu (31/7/2021).

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

 

 

 

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini