PPKM Level 4, Kasus Covid-19 di Kota Pekalongan Menurun

0
Warga menunggu hasil testing swab antigen secara massal di kawasan Monumen Juang Kota Pekalongan. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Penanganan pandemi Covid-19 di Kota Pekalongan menunjukkan perkembangan ke arah positif. Tren kasus corona terpantau mulai turun.

Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid menjelaskan, sejak PPKM Level 4, pergerakan kasus Covid-19 di Kota Pekalongan mengalami tren penurunan. Menurut Aaf, sapaan akrab wali kota, tren penurunan kasus Covid-19 di Kota Pekalongan itu antara lain ditunjukkan dari hasil testing swab antigen secara massal terhadap warga di kawasan Monumen Juang Kota Pekalongan yang rutin dilaksanakan dalam sepekan terakhir. Dari hasil pantauan di lapangan dan pengambilan sampel pengetesan, hanya 1,6% yang menunjukkan hasil reaktif.

“Misalnya, saja dua hari yang lalu, ada 191 orang masyarakat yang di tes hasilnya negatif semua, hari sebelumnya ada 300 orang yang di tes, hanya ada 5 yang reaktif. Beberapa hari kemarin juga jumlah kematian pasien Covid-19 yang dimakamkan tim pemulasaran BPBD juga sudah turun, hanya ada 1 orang kemarin. Mudah-mudahan tren penurunan kasus Covid-19 ini bisa terus dipertahankan dan bisa semakin menurun ke depannya,” kata Aaf usai menghadiri kegiatan penyerahan Tunjangan Hari Tua (THT) kepada para purna ASN Pemkot Pekalongan per Agustus 2021 di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Rabu, 28 Juli 2021.

Selain, masifnya upaya 3T yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) kepada masyarakat, Aaf menilai, antusias masyarakat juga sudah semakin tinggi untuk mengikuti serbuan vaksinasi yang difasilitasi Pemkot Pekalongan, TNI, maupun Polri.

Kendati, terjadi tren penurunan Covid-19, Aaf menekankan kepada seluruh masyarakat untuk tidak abai terhadap protokol kesehatan demi memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kota Pekalongan.

“Mudah-mudahan semua langkah dan upaya kita yang selama ini dilakukan bisa betul-betul membuahkan hasil agar penularan Covid-19 ini bisa semakin ditekan,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini