Bupati Pemalang Panen Lele Pokdakan Binaan BAZNAS, Ini Harapannya

0
Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, memanen lele di Pokdakan Mengoneng, Kelurahan Bojongbata, Pemalang, Kamis 1 Juli 2021. FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASi

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menghadiri panen lele bioflok perdana dari asosiasi kelompok budidaya ikan (pokdakan) ‘MINA AMAN’, binaan BAZNAS Pemalang, Kamis, 1 Juli 2021.

Agung memanen langsung ikan lele di Pokdakan Mengoneng, di Kelurahan Bojongbata, Pemalang. Ia juga memberi pakan lele dalam proses pembesaran.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati melihat langsung kegiatan di seluruh Pokdakan yang dibina BAZNAS Pemalang melalui video conference. Dalam asosiasi Pokdakan MINA AMAN sendiri, total ada 12 pokdakan yang tersebar di berbagai wilayah Kabupaten Pemalang.

Sekretaris 1 Pokdakan MINA AMAN, Ali Arisman, mengatakan, sasaran pemberdayaan pokdakan di tiap lokasi adalah para ustaz serta guru ngaji/madrasah. “Karena selama ini, penghasilan mereka kurang, jadi kami utamakan. Kemudian juga pemuda-pemudi yang belum bekerja, jadi mereka bisa ikut Pokdakan ini,” tutur Ali Arisman.

Agung mengapresiasi masyarakat dan BAZNAS Pemalang yang sudah menyalurkan zakat dan dimanfaatkan untuk program yang baik. “Zakat dari masyarakat ini kembali ke masyarakat. Saya kira nanti ada yang lain, bukan hanya ini saja,” kata Agung.

Bupati mengatakan, jika ada kegiatan masyarakat yang produktif dan membantu peningkatan ekonomi, tentunya akan dibantu.

Sementara itu, Kepala BAZNAS Pemalang, Agus Nurkholis menuturkan, pembinaan Pokdakan ini adalah program ekonomi produktif untuk UMKM. “Tujuannya adalah untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mengurangi angka kemiskinan, apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” kata Agus.

Program ekonomi produktif melalui budidaya ikan ini, kata Agus, berjalan dengan sistem bergilir. “Artinya, setelah tahap 1 panen, berikutnya orang lain. Jadi bukan untuk 1 orang atau 10 orang saja, tapi bisa 100 bahkan 1000 orang, bergilir terus,” kata Agus.

Harapannya, ungkap Agus, program ekonomi produktif ini akan terus berkembang guna menghidupkan ekonomi masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini