Jika Terjadi Lonjakan Covid, Gubernur Ganjar: Segera Ambil Langkah Kontigensi

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Tiap daerah diminta menyiapkan langkah antisipasi bila terjadi lonjakan Covid-19 yang cukup tajam. Permintaan itu disampaikan GubernurJawa Tengah, Ganjar Pranowo Kamis 10 Jun. 2021, saat berkunjung ke Kabupaten Brebes.

Beberapa saran yang disampaikan oleh Gubernur adalah agar tiap daerah tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan. Daerah juga harus rajin dalam melakukan tracing dan menggelar operasi yustisi. Mengsntisipasi terjadinya kerumunan massa, Gubernur meminta agar Pemkab tidak memberikan izin untuk semua bentuk kegiatan keramaian.

“Prokesnya tidak boleh berhenti, tracing dilakukan terus menerus termasuk operasi yustisi, kegatan keramaian tidak diizinkan dulu,” tegas Ganjar.

Untuk daerah yang masih berstatus zona merah, termasuk Brebes, Ganjar mendesak segera menyiapkan kontigensi plan dengan menambah jumlah tempat tidur di ruang isolasi rumah sakit. Kemudian harus ada tempat isolasi terpusat, bila perlu bangunan sekolahan yang tidak terpakai bisa dijadikan tempat isolasi jika situasinya mengkhawatirkan.

“Yang masuk zona merah, harus siapkan kontigensi plan-nya dengan menyiapkan penambahan tempat tidur, baik isolasi di rumah sakit, tetmasuk ICU. Ini penting dilakukan. Siapkan juga tempat isolasi terpusat, agar setiap kabupaten punya. Sehingga nantinya jika terjadi situasi yang mengkhawatirkan kita sudah siap. Termasuk sekolahan yang tidak terpakai kalau situasinya mengkhawatirkan itu bisa digunakan,” papar Gubernur.

Menyinggung soal pembelajaran tatap muka di sekolah, Ganjar meminta agar ditunda sambil menunggu situasinya memungkinkan. Penundaan PTM ini berlaku bagi yang berstatus zona merah.

“Terimakasih persiapan PTM, guru-guru divaksin. Tapi kalau zonanya masih merah jangan izinkan dulu. Tunda dulu. Dan ini bisa menggunakan data epidemiologis sesuai dengan PPKM Mikronya,” pungkas Gubernur.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini