Tambalan Jalan di Pemalang Dikeluhkan, Kenapa?

0
Penampakan aspal tambal-tambalan di Jalan Jenderal Sudirman timur, Taman, Kabupaten Pemalang.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Aspal jalan di Kabupaten Pemalang yang kondisinya tambal-tambalan dan terkesan asal, dikeluhkan pengguna jalan. Aspal jalan yang tak rata itu, membuat pengendara motor tak nyaman.

Aspal jalan yang memberi sensasi pengendara motor menunggangi traktor bakal kembali ditemukan, di sejumlah jalan wilayah Kota Ikhlas yang sedang diperbaiki.

Farhan, salah satu pengguna jalan, mengeluhkan kondisi jalan di wilayah perkotaan Kabupaten Pemalang.

“Aspal tambal-tambalan gitu menyusahkan pengguna motor kayak saya. Ya gimana, masa naik motor kayak naik traktor gitu, getar-getar,” tutur Farhan, ditemui Puskapik.com, tengah menepi di Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu 29 Mei 2021.

Ia berharap, jalan-jalan yang mengalami kerusakan, diperbaiki dengan serius agar kondisinya halus, dan membuat pengguna jalan nyaman.

Jika kerusakannya sudah parah, kata Farhan, jangan diperbaiki dengan ditambal, tetapi diperbaiki sepanjang jalan (ruas).

“Ya wong jalan Kabupaten kok kayak jalan pertanian. Kayak buat lewat truk-truk pengangkut hasil tani,” ujarnya.

Sementara itu, Heri Firmantio, Plt Kepala DPU TR Pemalang, mengatakan, saat ini perbaikan jalan sudah mulai dilaksanakan, untuk penunjukan langsung.

“Ini anggaran tender sudah masuk di KPPJ, kemudian yang penunjukan langsung 12 (paket) sudah selesai. Sisanya dari target 20 sudah di SPK-kan. Bulan mei sekitar 31 paket ini mau jalan,” terang Heri.

Dari 765,72 Kilometer jalan Kabupaten, tutur Heri, APBD tahun 2021 ini hanya bisa memperbaiki jalan rusak sepanjang 125 Kilometer.

Kerusakan jalan hampir merata di seluruh wilayah. Perbaikan jalan pun, akan dilakukan merata agar tidak ada ketimpangan.

Metode perbaikan jalan tahun ini, ungkap Heri, sebagian masih sama seperti sebelumnya. “Ya sebagian tambal-tambal, tapi kita ada 12 paket yang tender,”.

Untuk perbaikan Jalan Jenderal Sudirman sendiri, masih dalam proses tender. Perbaikan jalan yang diutamakan, yaitu Jalan Perintis Kemerdekaan (Gandulan – Beji, Taman).

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini