Rutan Batang Sediakan Layanan Silaturrahmi Online untuk Narapidana

Iklan

PUSKAPIK.COM, Batang – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Batang, tidak bisa dikunjungi keluarganya untuk bermaaf-maafan, karena pandemi.

“Untuk memberi solusi atas masalah tersebut, Rutan Batang menyediakan fasilitas kunjungan online. Dengan fasilitas ini, sanak keluarga dapat menghubungi keluarganya yang masih berada didalam rutan secara virtual,” kata Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana, Kamis 13 Mei 2021.

Rindra menjelaskan layanan kunjungan online sudah bisa dinikmati WBP dan keluarga. Untuk dapat menggunakna layanan tersebut, pengguna harus mendaftar secara online terlebih dahulu melalui aplikasi Sistem Informasi Lapas Batang (SILABA). setelah mendaftar, pengunjung akan mendapat nomor antrian dan jadwal kunjungan online.

“Untuk dapat menggunakan layanan kunjungan online, keluarga harus mendaftar secara online terlebih dahulu melalui aplikasi SILABA. Durasi video call masing-masing pengguna selama 10 menit,” terangnya.

Pihaknya telah menyediakan sebanyak 5 unit Perangkat komputer (PC) untuk menerima video call. Ke-5 PC tersebut ditempatkan di sebelah ruang perpustakaan agar WBP mudah dalam mengaksesnya.
Selama liburan Hari Raya Idulfitri, Rutan Batang membuka layanan khusus Hari Raya selama 3 (tiga) hari. Selama layanan khusus tersebut, keluarga dapat menitipkan barang atau makanan kepada petugas dan akan dilayani dari pagi sampai sore.

“Layanan hari raya akan kami buka selama tiga hari mulai tanggal 13 sampai 15 Mei,” ujar dia.

Ia pun menyiapkan petugas piket khusus Hari Raya untuk memberikan layanan penitipan barang kepada masyarakat.

Rindra berharap, dengan fasilitas yang diberikan pihaknya dapat memberi kemudahan kepada masyarakat dan suasana Idulfitri dapat tetap dirasakan baik oleh masyarakat maupun WBP. Untuk mengakses SILABA bisa mengunjungi laman http://silaba.net.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan