Plt Kepala DPUTR Pemalang Diganti, Buntut Demo Laskar Patih Sampun?

Massa yang menamakan diri Laskar Patih Sampun (LPS) menggelar aksi demonstrasi di kantor DPUTR Pemalang, Rabu, 7 April 2021. FOTO/DOK.PUSKAPIK
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Bongkar pasang Pelaksana Tugas (PLT) di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU TR) Kabupaten Pemalang terus dilakukan. Per 1 Mei 2021, Plt Kepala DPU TR Pemalang Sarinto dicopot digantikan Heri Fitmantio yang sebelumnya menjabat Sekretaris di dinas tersebut.

Berbagai spekulasi pun muncul, apakah pergantian ini disebabkan oleh aksi massa Laskar Patih Sampun terkait dugaan jual beli proyek infrastruktur non-lelang atau Penunjukan Langsung (PL) oleh mafia proyek?

Ketua Laskar Patih Sampun, Andi Rustono, Selasa, 4 Mei 2021, saat dihubungi melalui ponselnya mengaku sudah mendengar kabar berita tersebut. Ia merasa tidak kaget mengingat sampai saat ini berbagai persoalan di dinas tersebut masih kerap ditemui.

“Artinya kekhawatiran ada ketidakberesan di dinas tersebut benar adanya. Dari dugaan jual-beli proyek, intervensi, tekanan beberapa kelompok kepada dinas, sampai yang terakhir pengerjaan proyek tanpa papan nama,” katanya.

Andi berharap Plt yang baru bisa bekerja dengan baik dan membuktikan kepada publik apa itu jargon perubahan yang selama ini digembar-gemborkan.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemalang, Sugianto saat dikonfirmasi membantah pergantian Plt DPUTR terkait aksi massa sebelumnya.

“Pergantian dilakukan karena Plt sebelumnya sudah menjabat selama 6 bulan per 1 Mei, memang sudah waktunya diganti bukan karena didemo,” katanya.

Perlu diketahui, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo sejak dilantik pada 27 Maret 2021 telah melakukan pergantian pucuk pimpinan pada beberapa dinas, termasuk DPU-TR.

Sebelum Mukti Agung Wibowo dilantik menjadi Bupati Pemalang, DPU-TR Kabupaten Pemalang dipimpin oleh Plt Sarinto. Tepat seminggu Mukti Agung menjabat, Sarinto dicopot digantikan Supriyanto yang saat itu menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Ruang (TR) pada DPU.

Hanya sehari menjabat, jabatan Supriyanto terpaksa dicopot karena golongan jabatan Suprianto tidak masuk kriteria dan Kembali diduduki oleh Sarinto. Terakhir bongkar pasang pada dinas tersebut kembali dilakukan dengan dicopotnya Sarinto yang digantikan Heri Firmantyo yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas (Sekdin) DPU-TR.

Diberitakan sebelumnya, massa yang menamakan diri Laskar Patih Sampun (LPS) menggelar aksi demonstrasi di kantor DPUTR Pemalang, Rabu, 7 April 2021. Aksi turun ke jalan itu terkait adanya dugaan jual beli proyek penunjukan langsung (PL) pada Dinas PUTR.

Penulis: Dedi Muhsoni, Baktiawan Candheki
Editor: Faisal M

Iklan

Tinggalkan Balasan