Uji Coba KBM Tatap Muka ditunda, Kadindikbud Pemalang: Kami Matangkan Sosialisasi

0
Mualip, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pemalang, saat ditemui usai menghadiri audiensi di Gedung DPRD Pemalang, Senin 22 Maret 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Uji coba sekolah tatap muka di Kabupaten Pemalang akhirnya ditunda sampai dengan April 2021 mendatang. Dindikbud akan berbenah dan mempersiapkan kembali uji coba Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka ini.

Itu disampaikan Mualip, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pemalang, saat ditemui usai menghadiri audiensi di Gedung DPRD Pemalang, Senin 22 Maret 2021.

Mualip menegaskan, alasan ditundanya uji coba KBM tatap muka ini adalah munculnya surat dari Dindikbud Propinsi Jawa Tengah. Sekolah tatap muka bakal digelar secara serentak di Jawa Tengah mulai tanggal 6 sampai dengan 18 April 2021.

“Kalau sarana pra-sarana protokol kesehatan, kemarin kami cek bersama Pak Wakil Bupati sebenarnya sudah siap semua. Mulai dari penentuan jadwal, tempat duduk, dan alat-alat yang lain sebetulnya sudah siap semua,” tutur Mualip.

Namun, kata Mualip, ada banyak temuan-temuan lainnya yang menjadi pertimbangan ulang dalam kelanjutan uji coba sekolah tatap muka ini.

Contohnya, banyak orang tua murid yang berkerumun saat menunggu anaknya mengikuti uji coba KBM tatap muka. Padahal, harusnya orang tua cukup mengantar anak ke sekolah, dan kembali ke rumah. Kemudian, sang anak dijemput ketika pembelajaran rampung.

“Kami monitoring dan evaluasi, kami temukan salah satunya, ada anak ternyata batu, panas, tapi diantar orang tuanya berangkat, kemudian kami pulangkan,” ungkap Mualip.

Dindikbud Pemalang mengakui, sosialisasi terkait uji coba sekolah tatap muka ini belum matang. Ke depannya, sosialisasi ini akan menjadi pematangan persiapan uji coba sekolah tatap muka April 2021 mendatang.

“Demi keselamatan dan kesehatan anak-anak kita, kami butuh dukungan dari para orang tua, dari masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Nantinya sosialisasi akan dilakukan oleh satuan pendidikan masing-masing,” jelas Mualip.

Terkait vaksinasi guru, Mualip menegaskan, saat ini vaksinasi sudah dimulai, dan para guru di sekolah yang masuk uji coba (piloting project) tatap muka ini, diprioritaskan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Senin 22 Maret 2021, Uji coba sekolah tatap muka di Kabupaten Pemalang yang dimulai sejak Kamis 18 Maret lalu, ditunda sampai 5 April 2021 mendatang. Dindikbud Pemalang akui sebenarnya belum siap melaksanakan uji coba sekolah tatap muka, dan menjadikan hal ini sebagai evaluasi.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini