Dinkes Brebes Siapkan 1000 Vial Vaksin untuk 10 Ribu Pedagang dan Lansia

PUSKAPIK.COM, Brebes – 10 ribu warga Brebes bakal divaksin Covid-19. Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, kembali mendapatkan kiriman vaksin sebanyak 1000 vial. Rencananya, vaksin itu pedagang dan lanjut usia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr Sartono mengatakan, setelah melakukan vaksinasi terhadap petugas pelayanan publik, sasaran selanjutnya adalah para pedagang dan kalangan lansia. Pelaksanaannya akan dilakukan sesegera mungkin serentak di seluruh wilayah Brebes.

“Alokasi 1000 vial itu digunakan untuk 10.000 dosis. Targetnya, 5000 pedagang dan lansia prioritas. Pelaksanannya, menunggu validasi manivest selesai,” ungkap Sartono usai zoom meeting di Kantor Setda Brebes, Selasa 2 Maret 2021 siang.

Sartono menambahkan, vaksinasi petugas layanan publik, hingga kini masih terus berjalan. Sambil menyelesaikan vaksinasi 7500 pelayan publik, Dinkes langsung menyiapkan vaksinasi tahap berikutnya. Dinkes sedang melakukan verifikasi dan validasi manivest pedagang. Pendataan lansia dan masyarakat umum.

“Fokusnya masih menuntaskan target 7.500 sasaran pelayanan publik dulu. Tapi kami sekarang sedang menyiapkan tahap berikutnya, pedagang dan lansia,” sambungnya.

Proses vaksinasi pedagang pasar, lanjut Sartono tidak bisa dituntaskan dalam satu gelombang. Sebab, jumlahnya terlalu banyak dan tersebar di 17 kecamatan. Sementara, jumlah distribusi vaksin masih terbatas dan bertahap.

“Tidak bisa dituntaskan dalam satu gelombang karena jumlahnya banyak. Nanti realisasinya harus disesuaikan dengan ketersediaan dosis vaksin sesuai peruntukan,” tandasnya.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top