Menteri PUPR Tinjau Penanganan Jembatan Rembun Pekalongan

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau langsung penanganan Jembatan Rembun II A di Kabupaten Pekalongan.

Informasi yang dihimpun puskapik.com, Senin 8 Februari 2021, menyebut, Menteri PUPR datang ke lokasi jembatan pada Minggu 7 Februari 2021 kemarin.

Menteri Basuki meminta perbaikan jembatan bisa segera dilaksanakan agar konektivitas antara Kabupaten Pekalongan dan Pemalang bisa kembali normal.

Jembatan Rembun yang dibangun pada tahun 1977 ini akan diganti dengan jembatan baru menggunakan rangka baja bentang 50 meter dan lebar 9 meter. Penggantian jembatan direncanakan selesai dalam 45 hari.

Setelah itu dilakukan perakitan dan dilanjutkan dengan tahap pemancangan beam, pemancangan cross beam, pembongkaran truss bridge, pemasangan jembatan baru, plat lantai jembatan serta kelengkapan, dan pekerjaan minor.

Sebelumnya diberitakan, penanganan darurat Jembatan Rembun yang ambles akan dilakukan melalui penggantian rangka baja bentang 50 meter. Proses pengerjaan diperkirakan selesai pada akhir Maret 2021.
Hal ini dikatakan Kepala BBPJN Jateng-DIY, Satrio Sugeng Prayitno saat mengunjungi lokasi Jembatan Rembun II A yang mengalami kerusakan pada rangka jembatan, Jumat, 5 Februari 2021. Di tempat itu, ia juga berkoordinasi dengan Kepala Satker PJN Wilayah I Provinsi Jawa Tengah dan PPK 1.2 Provinsi Jawa Tengah.

“Masih berlangsung pembongkaran lantai jembatan. Rangka baja jembatan lama akan ditarik ke sisi barat, sedangkan jembatan rangka baja yang baru akan dirakit dari sisi timur. Setelah selesai pembongkaran dan perakitan akan dilakukan erection jembatan, sedangkan fondasi jembatan masih dalam kondisi baik sehingga akan digunakan kembali,” kata Satrio Sugeng Prayitno.

Kerusakan Jembatan Rembun IIA terjadi pada Kamis malam, 4 Februari 2021 pukul 19.30 WIB di ruas Jalan Batas Kabupaten Pemalang-Kabupaten Pekalongan KM SMG 113+800. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Satlantas Pemalang dan Satlantas Pekalongan telah melakukan penutupan lalu lintas di Jembatan Rembun II A untuk mengalihkan kendaraan kecil yang menuju Jakarta dari arah Semarang ke Jembatan Rembun B dengan sistem contraflow, sedangkan kendaraan besar diarahkan masuk ke jalan tol.

Penulis: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini