Lantik 29 Kades, Ini Pesan Bupati Pemalang

Bupati Pemalang, H Junaedi, melantik 29 Kades di pendopo Kabupaten Pemalang, Rabu 3 Febuari 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Bupati Pemalang, H Junaedi, melantik 29 Kepala Desa (Kades) terpilih dalam Pilkades Serentak 2020. Kepada mereka, bupati berpesan agar tak sombong dengan jabatannya apalagi menyelewengkan untuk kepentingan pribadi.

Itu disampaikan Bupati Pemalang, H Junaedi, dalam sambutannya usai pengambilan sumpah jabatan 29 Kades di pendopo Kabupaten Pemalang, Rabu 3 Febuari 2021.

Para Kades itu dilantik setelah terpilih dalam Pilkades serentak tanggal 27 Desember 2020 lalu. Diantaranya 28 Kades hasil Pilkades langsung masa jabatan 2021-2027 dan 1 Pemilihan PAW Kades masa jabatan 2021-2024.

Pengambilan sumpah jabatan secara simbolis diwakili Dyah Anggraeni, Kades Bantarbolang, Kecamatan Bantarbolang dan Samsuri, Kades PAW Sokawangi,Kecamatan Taman.

Usai dilantik, Bupati Junaedi berpesan kepada para Kades agar mengemban amanah yang harus ditunaikan. Mereka diminta memtuhi dan taati segala hukum dan peraturan yang berlaku terkait dengan jabatannya.

“Jabatan tersebut bukan untuk disombongkan apalagi diselewengkan untuk kepentingan pribadi. oleh karena itu, bekenalah dengan sebaik mungkin dan berhati — hatilah agar Saudara tidak tergelincir atau melakukan kesalahan dalam melaksanakan amanah tersebut.” tutur Junaedi.

Kedua, mereka diminta segera memulihkan kondisi psikologis masyarakat, yang mungkin sempat terkotak-kotak dalam suatu dukungan kolektif terhadap para calon kepala desa.

“Segera konsolidasikan seluruh elemen masyarakat, arahkan seluruh sumber daya manusia yang ada, untuk melangkah bersama membangun dan memajukan desa,” kata Junaedi.

Kemudian ke-tiga, sejalan dengan upaya untuk membangun dan memajukan Kabupaten Pemalang, saya minta agar setiap desa dapat mampu menghasilkan produk- produk unggulan, melalui pemanfaatan potensi sumber daya yang dimiliki.

“Oleh karena itu, kepada setiap Kepala Desa, saya minta untuk dapat mengenali dan memahami betul setiap potensi yang dimiliki oleh desa. Manfaatkan dan kelola potensi tersebut menjadi produk unggulan desa dan daerah. Optimalkan peran BUMDes dalam pengelolaan dan pemasaran produk-produk tersebut.” terang Junaedi.

Selanjutnya yang ke-empat, para Kades diminta memahami bahwa keberhasilan pembangunan desa, sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakatnya. Sehubungan dengan hal itu, sebagai Kades harus mampu membangkitkan partisipasi masyarakat untuk bersama — sama membangun desa.

Terakhir, dalam situasi darurat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, Bupati berharap Kades dapat aktif berperan mensosialisasikan penerapan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) dalam setiap aktifitas masyarakat.

“Disamping kelima hal tersebut di atas, pahami pula bahwa sebagai pemimpin masyarakat, Saudara harus dapat menjadi tauladan dan panutan dalam hidup bermasyarakat sehari-hari. Jaga tutur kata, sikap dan perilaku, Pegang teguh sumpah yang baru saja Saudara ucapkan, jangan melalaikan tugas dan kewajiban apalagi melanggar ketentuan hukum yang berlaku.” pungkas Junaedi.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini