TNI AL Beri Dukungan Mental dan Motivasi Prajurit Cari Korban Pesawat Sriwijaya Air

Kadisbintalal Laksamana Pertama, Ian Heriyawan bersama jajarannya tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Negara dalam rang hari Dharma Samudera, Jumat pagi, 15 Januari 2021. FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO
Iklan

PUSKAPIK.COM, Tegal – Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Kadisbintalal) Laksamana Pertama, Ian Heriyawan mengatakan, TNI terus memberikan dukungan mental dan motivasi kepada seluruh prajurit TNI dan Polri yang terlibat dalam operasi kemanusiaan pencarian korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Hal itu dikatakan Ian Heriyawan usai tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Negara dalam rang hari Dharma Samudera, Jumat pagi, 15 Januari 2021.

Laksma Ian menegaskan, para prajurit TNI tidak hanya material tapu juga butuh dukungan mental karena, menurut Ian, melaksanakan tugas kemanusiaan itu tidak semudah membalik telapak tangan.

“Oleh karena itu, prajurit kami di pembinaan mental membantu memberikan motivasi agar para prajurit kita bersama Kepolisian yang saat ini melakukan operasi kemanusian dapat berjalan dengan tertib dan lancar,” katanya.

Menurut Ian, kegiatan operasi kemanusiaan itu berada di bawah Koordinasi Panglima Komando Armada. Hingga saat ini masih berlangsung. Dinas Bintalal terus memberikan dukungan dari aspek motivasi.

“Kalau kami dari aspek dukungan motivasi. Sehingga kemarin Bapak Kasal juga mendatangi para prajurit untuk memberikan motivasi,” katanya.

Sementara terkait kegiatan tabur bunga, Laksma Ian selain untuk memperingati hari Darma Samudra juga sebagai wujud penghargaan kepada pahlawan para kusuma bangsa. Utamanya, prajurit Matra Laut yang dulu mengorbankan jiwa dan raganya demi bangsa dan negara.

“Kedua kegiatan ini sebagai proses pewarisan nilai dari para leluhur kepada generasi-generasi berikutnya. Sehingga militansi dan semangatnya tetap menggelora di jiwa prajurit TNI dan juga Kepolisian,” katanya.

Selain itu, kata Laksma Ian, menunjukan sinergitas dengan Pemerintah Kota Tegal. Dirinya pun berharap agar kebersamaan itu dapat membanggakan bagi leluhur yang telah mendahului.

“Kami juga berpesan kepada generasi muda, apa yang ditorehkan para kusuma bangsa hendaknya diikuti khususnya ditengah krisis moral seperti saat ini,” katanya.

Laksma Ian menambahkan, generasi muda perlu menelaah kembali sejarah bangsa ini. Meyakini apa yang dilakukan para pahlawan demi kepentingan bersama.

Hadir dalam kegiatan tabur bunga, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo, Dan Lanal Tegal Letkol Mar. Ridwan Azis.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini