Revitalisasi Rampung, Pasar Randudongkal Satu-satunya Pasar Tradisional Modern di Pemalang

0
Revitalisasi Pasar Randudongkal, Kabupaten Pemalang telah rampung dan rencananya segera diresmikan pada 24 Januari 2020 oleh Bupati Pemalang Junaedi. FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Revitalisasi Pasar Randudongkal, Kabupaten Pemalang telah rampung dan rencananya segera diresmikan pada 24 Januari 2020 oleh Bupati Pemalang Junaedi.

Hal ini disampaikan Kepala Diskoperindag Pemalang Hepi Priyanto saat berkunjung ke lokasi pasar, Selasa siang, 5 Januari 2021. Diskoperindag siap mempertanggungjawabkan secara konstruktif, baik kualitas dan kuantitas bangunan sesuai RAB yang dibuat.

“Revitalisasi Pasar Randudongkal ini dilaksanakan secara ‘multiyears’ sejak tahun 2018-2020 dan selesai penyerahannya dari pengembang PT Kharisma Cipta Tunggal-Aditya AP KSO kepada Pemda tanggal 10 Desember kemarin,” katanya.

Hepi menyampaikan, saat ini tahap proses pendataan para pedagang yang akan menempati kios baru Pasar Randudongkal.

“Kita prioritaskan yang pertama kepada pedagang lama di pasar sebelumnya yang sudah memiliki KLTL sebagai bukti pedagang sudah menyewa tempat untuk berdagang di sini. Yang kedua untuk pedagang yang belum mempunyai KLTL tapi sudah berdagang di sini karena belum mempunyai tempat, baik yang jualan di emperan dan akses pintu masuk,” ujarnya.

Hepi mengklaim bahwa Pasar Randudongkal merupakan pasar termegah di Kabupaten Pemalang dengan konsep pasar tradisional modern. “Yang disebut konsep modern adalah fasilitas-fasilitas pendukung yang ada seperti eskalator, kamera CCTV, tata letak pedagang dan kebersihan yang membuat pasar tradisional ini jauh dari kesan kumuh,” katanya.

Menurut Hepi, Pasar Randudongkal terdiri dari tiga lantai. Lantai 1 khusus untuk pedagang pakaian, barang kelontong, dan kuliner. Lantai 2 disiapkan untuk pedagang sayur dan buah, daging, serta ambrangan. Lantai 3 untuk lahan parkir dengan kapasitas 200 mobil.

Pasar Randudongkal dibangun di atas lahan 9.661 meter persegi dengan luas bangunan 27.300 meter persegi dengan tiga lantai. Proyek lanjutan Pasar Randudongkal itu menyerap anggaran Rp44,6 miliar dari sumber APBD di bawah koordinasi Diskoperindag Kabupaten Pemalang.

Jumlah tempat yang disediakan kepada para pedagang di Pasar Randudongkal sebanyak 237 kios di lantai 1, 290 meja, dan 104 los di lantai 1.

Penulis: Baktiawan Candheki
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini