Awas! Pemalang Masih Akan Dilanda Cuaca Ekstrim

Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Cuaca ekstrim, hujan lebat dan angin kencang diprediksi akan terus terjadi di Pemalang, hingga 1 Januari 2021. Masyarakat diimbau agar tetap berhati-hati hati dan waspada.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kelas II Ahmad Yani Jawa Tengah di wilayah Kabupaten Pemalang dan sekitarnya memprediksi cuaca ekstrim hingga 1 Januari 2021. Cuaca ekstrim itu di antaranya hujan lebat disertai angin kencang dengan kecepatan rata rata mulai 20 Km/jam.

Dari data yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang, intensitas hujan lebat hampir semua merata pada 14 kecamatan di Kabupaten Pemalang yaitu mulai pukul 13.00 sampai pukul 18.00 wib, selanjutnya mulai pukul 19.00 WIB hingga tengah malah terjadi hujan ringan.

Di Pemalang, kecepatan angin rata-rata tidak mengalami peningkatan dari prakiraan mulai tanggal 29 Desember sampai dengan 30 Desember 2020 terjadi kecepatan 20 kilometer/jam, dengan suhu mulai 24-31 derajat celcius, dan tingkat kelembaban 65-95.

Kepala Bagian Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang, Suyanto, mengatakan, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrim seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

“Mari kita hati-hati bersama, adapaun update prakiraan cuaca akan terus dikabarkan secara berkala melalui BMKG Jawa Tengah,” ujar Yanto.

Untuk informasi update cuaca, masyarakat bisa mengakses pada laman BMKG https://www.bmkg.go.id/ atau bisa mengikuti pada media sosial seperti
twitter @cuacajateng, instagram @cuaca_jateng, Facebook: Stasiun meteorologi Ahmad Yani semarang dan aplikasi iOS dan android Info BMKG.

Penulis: Dedi Muhsoni
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini