Bantuan Pangan Non Tunai Memuaskan, KPM Widodaren Tersenyum

0
FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Warga miskin Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan pandemi Covid-19 dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) masih tersenyum dan berharap bantuan pangan itu terus diterimanya tentunya dengan kualitas baik seperti daging dan telur.

Dari pantauan puskapik.com, di Desa Widodaren dan Desa Bulu Kecamatan Petarukan, Sabtu 19 Desember 2020, tercatat KPM mengambil bantuan non tunai itu ke agen penyalur bantuan.

Di Agen Fatimah, Desa Widodaren, contohnya, KPM bantuan Covid-19 dan BPNT mencairkan bantuan berbentuk beras 10 Kg, telur 1 Kg, daging segar, buah-buahan dan dua buah sabun mandi dengan nilai Rp 200.000.

Dari penuturan Sartono (75) KPM Dusun Gejlik RT 14/02 Desa Widodaren,komuditi non tunai yang diterimanya kualitas dan manfaatnya lebih baik, bahkan beras, daging, telur dan buah buahan berkualitas baik.

“Daging dan telur bisa kami konsumsi seminggu di lemari es. Karena kebetulan anak hanya dua, dan nyatanya bisa bertahan, itu artinya barang barangnya bagus,” ujar Sartono.

Triatun (60) KPM asal Widodaren juga mengatakan hal yang sama. Produk yang dijual di agen Fatimah sesuai harapan KPM. Selama bantuan Covid-19 yang ia terima tidak ada masalah karena bantuan yang diverikan betul-betul segar dan bisa bertahan lima hari seperti daging dan telur.

“Kami hanya ingin tidak ada sayur dan tempe dalam produk bantuan itu, sebab jenis barang itu mudah busuk dan tidak bisa bertahan lama,” kata Triatun.

Ia berharap kepada pemerintah pusat bantuan seperti ini terus diberikan mengingat sangat membantu uang belanja yang seharusnya dibelikan untuk keperluan sehari-hari.

Sementara itu, pengurus agen Fatimah, Siswono mengaku telah berupaya mempertahankan kualitas barang yang disalurkan kepada KPM serta keinginan dan harapan KPM. Sebab, keinginan barang yang diterima KPM selalu berganti-ganti.

“Kami agen hanya menyalurkan kepada KPM, tentu sesuai keinginan KPM, jika KPM minta daging yang kami penuhi sepanjang tidak menyalahi Juknis yang ada. Selain itu untuk sabun mandi diperbolehkan oleh dinas terkait saat pandemi ini” katanya

Terpisah, agen Fadillatin penyalur bantuan BPNT Desa Bulu kecamatan Petarukan, Lukman, menyalurkan seluruhnya 300 KPM dan diharapkan selesai pada sore ini. Barang yang disalurkan hampir sama dengan agen-agen lain yaitu beras, daging segar, dan telur serta buah-buahan dan sabun mandi sebagaimana kesepakatan KPM.

Penulis: Dedi Muhsoni
Editor: Amin Nurrokhman

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini