Warga 3 Kecamatan di Brebes Rasakan Gempa

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Brebes – Warga di 3 kecmatan di Brebes, merasakan getaran gempa bumi berkekuatan 4,2 SR terjadi di Brebes Jumat 11 Desember 2020 pukul 05.51 WIB.

Kasi Logistik BPBD Brebes, Farid mengatakan, pusat gempa terjadi di barat daya Kota Brebes. Warga tiga kecamatan di wilayah barat daya yang merasakan getaran gempa, yakni Bantarkawung, Salem dan Banjarharjo.

“Laporan yang masuk di BPBD, getaran gempa ini dirasakan di tiga kecamatan masing masing Bantarkawung, Salem dan Banjarharjo. Bahkan untuk wilayah Brebes utara sama sekali tidak terasa,” ungkap Farid di kantornya.

Sejauh ini, lanjut Farid belum ada laporan soal kerusakan akibat gempa tersebut. Menurutnya, warga di tiga kecamatan ini hanya merasakan getaran

“Skalanya tergolong kecil jadi sampai saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tadi pagi. Hanya getaran saja, itupun tidak dirasakan sampai ke wilayah utara,” sambung Farid.

Farid menambahkan, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini terletak pada koordinat 7.07 LS dan 108.87 BT, atau tepatnya berada di barat daya Brebes pada kedalaman 5 kilometer.

Warga yang terdampak gempa khususnya wilayah Salem untuk mewaspadai longsor yang diakibatkan getaran gempa. Setelah kejadian ini, BPBD terus memantau perkembamgan di daerah yang terdampak.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan selalu waspada. Jangan terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbuh Farid.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!